IKLAN

Cara Penggunaan Formula Pada Excel

Cara Penggunaan Formula Pada Excel - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Penggunaan Formula Pada Excel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MICROSOFT, Artikel MS EXCEL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Penggunaan Formula Pada Excel
link : Cara Penggunaan Formula Pada Excel

Baca juga


Cara Penggunaan Formula Pada Excel

Dalam memakai formula, anda di sarankan untuk memakai rujukan sel. Penggunaan rujukan sel memiliki kelebihan di bandingkan nilai yang di masukan eksklusif ke dalam formula. Jika ada perubahan nilai dalam rujukan sel, formula akan melaksanakan perhitungan ulang sehingga di hasilkan nilai perhitungan yang baru. Excel mengenal tiga jenis sel yaitu sel relatif, sel semi absolute dan sel absolute,
  • Sel relatif adalah rujukan sel yang kalau di salin akan menyesuaikan dengan lokasi sel hasil salinan. Misalnya, sel B1 memiliki rujukan sel yang di tulis =A1. Jika sel B1 di salin ke sel C2 maka sel C2 maka sel C2 akan memiliki rujukan sel  =B2 alasannya yakni kolomnya menyesuaikan satu kolom ke kanan, sedangkan barisnya menyesuaikan satu baris kebawah.  
  • Sel semi absolute adalah rujukan sel yang kalau di salin akan menyesuaikan dengan baris atau kolom yang tidak terkunci. Baris atau kolom yang terkunci di tandai dengan simbol $ di depan kolom atau baris. Misalnya, sel B1 memiliki rujukan sel yang ditulis =$A1. Jika sel B1 di salin ke sel C2 maka sel C2 akan memiliki rujukan sel =$A2 alasannya yakni kolomnya terkunci sedangkan barisnya tidak.   
  • Sel absolute yakni rujukan sel yang kalau di salin tidak akan mengalami adaptasi alasannya yakni baris dan kolomnya terkunci. Misalnya, sel B1 memiliki rujukan sel yang di tulis =$A$1. Jika sel B1 di salin ke sel C2 maka sel C2 akan tetap memiliki rujukan sel =$A$1 alasannya yakni baris dan kolomnya terkunci.
Gunakan tombol F4 pada keyboard untuk mengubah rujukan sel menjadi relatif, semi diktatorial atau absolut. Tutorial tersebut di lakukan dikala sel dalam mode edit dan pointer menunjuk pada rujukan sel atau range yang akan di ubah.
  1. Tekan kombinasi tombol Ctrl+N untuk menciptakan workbook baru. Buat data ibarat terlihat pada gambar di bawah ini.

2. Tempatkan pointer pada sel B3. Ketikkan  = lalu pilih sel B1 memakai mouse atau tombol navigasi anak panah pada keyboard. Ketikkan * lalu pilih sel B2. Jika semua di lakukan dengan benar, dalam sel B3 akan terlihat formula ibarat pada gambar di bawah ini.
3. Tekan tombol Enter pada keyboard. Hasil penghitungan akan di tampilkan pada sel B3.
4. Untuk membandingkan dengan nilai yang di masukan eksklusif ke dalam formula, ketikkan = 2500*10 pada sel B4, lalu tekan tombol Enter. Perhitungan pada sel B4 akan menghasilkan nilai yang sama dengan hasil perhitungan pada sel B3.
5. Ubah data dalam sel B2 menjadi 20. Hasil perhitungan pada sel B3 akan menyesuaikan dengan data yang baru, sedangkan hasil perhitungan pada sel B4 tetap.
Gambar di atas memperlihatkan hasil perhitungan pada sel B3 akan menyesuaikan.




Demikianlah Artikel Cara Penggunaan Formula Pada Excel

Sekianlah artikel Cara Penggunaan Formula Pada Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Penggunaan Formula Pada Excel dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2019/03/cara-penggunaan-formula-pada-excel.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Penggunaan Formula Pada Excel"

Posting Komentar