IKLAN

Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel

Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MICROSOFT, Artikel MS EXCEL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel
link : Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel

Baca juga


Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel

Membuat Form Login Di Excel 

Pada goresan pena kali ini kita akan mencoba belajar Excel dan membahas bagaimana Tutorialnya untuk menciptakan form login di Excel. Form login berbagai kita temui dalam setiap aplikasi baik aplikasi seTutorial online ataupun offline. Dalam setiap aplikasi seringkali kita menjumpai sebuah form atau jendela yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan sebuah kata kunci atau password biar sanggup menikmati layanan dari aplikasi tersebut, sehingga hal ini memungkinkan sebuah aplikasi hanya sanggup dijalankan oleh pengguna yang tahu password-nya saja

 Pada goresan pena kali ini kita akan mencoba  Tutorial Membuat Form Login Di Excel
Contoh form login yang akan dibuat
Nah jikalau Kamu ingin menciptakan form login itu untuk membuka atau mengakses file Excel yang Kamu buat sendiri maka di sini Kamu akan mendapat kan informasi Tutorial menciptakan form login tersebut sehingga nantinya mungkin akan sangat mempunyai kegunaan bagi Kamu yang hanya ingin file Excel tersebut hanya sanggup di saluran oleh Kamu sendiri ataupun oleh beberapa orang yang telah Kamu beritahu passwordnya. 

Informasi bagaimana Tutorial menciptakan form login di Excel ini saya dapatkan sebelumnya di sebuah website yang banyak membahas perihal Excel, kebetulan sekali ketika saya mencari informasi-informasi suplemen tentang tutorial Excel untuk mengupdate di blog ini melalui search engine google, saya di arahkan ke website tersebut. Website RumahExcel ini pun berdasarkan saya sangat bermanfaat dan mempunyai kegunaan untuk Kamu alasannya yakni saya sendiri mendapat pandangan gres ataupun ide untuk menambahkan tulisan-tulisan saya di blog ini dengan sebagian informasinya saya dapatkan dari website ini. Salah satunya yakni goresan pena yang sedang Kamu baca ini yang berjudul " Tutorial Membuat Form Login Di Excel ". Bagaimana informasi detail silahkan Kamu baca dan perhatikan langkah-langkahnya yang saya jelaskan di bawah ini:

Pastikan Kamu sudah memunculkan hidangan Group Control dengan Tutorial mengaktifkan Tab Developer pada lembar kerja Excel Kamu atau mengaktifkan jendela Microsoft Visual Basic sebelum merancang dan memasukkan kode-kode untuk Form Login ini.

Menyiapkan Desain Form Login
  1. Klik hidangan Insert dan pilih UserForm
  2. Dalam rancangan untuk UserForm buatlah beberapa bab ibarat dalam gambar berikut:
  3. Menambahkan dan mengatur Gambar. Pilih Image dan atur nilai atau parameter yang terdapat di jendela properties ibarat berikut : - BorderStyle = 0 - fmBorderStyleNone (membuat gambar tanpa bingkai).
  4. Membuat Judul dan sub judul. Pilih Label1 kemudian di jendela properties, ketikkan data di kotak Caption sesuai dengan yang anda inginkan. Ulangi untuk menciptakan Sub judul
  5. Kotak password. Pilih kotak password (TextBox1) kemudian cari sebuah kata PasswordChar yang terdapat di jendela properties. Isi dengan sebuah aksara yang anda ingin munculkan ketika sebuah password diketik, pola anda sanggup memasukkan aksara (*, #, atau lainnya). kosongi nilai PasswordChar jikalau anda ingin menampilkan ketikan sesuai dengan aslinya di kotak password.
  6. Tombol Masuk dan Keluar. Dua tombol ini dibentuk dengan memakai CommandButton dan masing-masing berjulukan (Name) CommandButton1 dan CommandButton2, jikalau ingin mengganti masing-masing teks untuk tombol ini, lakukan dengan Tutorial klik tombol kemudian di jendela properties, rubah Caption sesuai dengan yang anda inginkan.
Sampai langkah ini desain form login final dilakukan, selanjutnya yakni memasukkan instruksi biar form ini sanggup berjalan sebagaimana mestinya.

Kode Form Login Sederhana
Untuk memasukkan instruksi berikut, klik kanan UserForm1 yang terdapat di jendela Project-VBA Project dan kemudian pilih View Code
atau
pilih UserForm1 yang terdapat di jendela Project-VBA Project, kemudian tekan F7 di keyboard anda.

Private Sub CommandButton1_Click() 
If TextBox1 = "admin" Then
   Unload UserForm1
   Else
   MsgBox "Maaf, password yang anda masukkan tidak valid"
End If
End Sub
Private Sub CommandButton2_Click()
Application.ActiveWorkbook.Close savechanges = True
End Sub
Private Sub UserForm_QueryClose(Cancel As Integer, CloseMode As Integer)
If CloseMode <> 1 Then Cancel = True
End Sub

Keterangan kode

CommandButton1
Kode yang dipakai untuk tombol masuk atau login
dimana kata kuncinya yakni "admin" (tanpa tanda petik), sehingga jikalau pengguna mengetikkan kata kunci atau password dengan benar maka akan menjalankan instruksi atau perintah Unload UserForm1, yang artinya akan menutup Jendela Form Login ini. Dan jikalau salah, maka akan menampilkan instruksi MsgBox yang berupa kotak pesan dengan informasi di dalamnya.

CommandButton2
instruksi yang dipakai untuk keluar atau menutup file dengan perintah tidak menyimpan perubahan isi file.

Private Sub USerForm_QueryClose...
Kode ini berisi sebuah perintah untuk mengantisipasi pengguna menutup jendela Form dengan Tutorial klik tombol (X) yang terdapat di pojok kanan atas, dengan kata lain tombol Close UserForm di non aktifkan

Kamu sanggup mengkombinasikan instruksi ini dengan kode-kode yang lainnya antara lain yang terdapat dalam tutorial berikut :
- Membuat Macro VBA Berjalan otomatis ketika file dibuka
- Memaksa Pengguna mengaktifkan Macro Security atau pengaturan untuk macro, atau
- Menyembunyikan tampilan utama jendela Excel (tingkat lanjut)


Tertarik dengan tutorial ini, sanggup Kamu downlod gratis di sini 


Contoh dari file Excel hasil Tutorial Membuat Form Login di Excel ini sanggup Kamu downlod gratis di sini 

Untuk Login pada file pola ini silahkan masukkan password : admin



Demikianlah Artikel Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel

Sekianlah artikel Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2019/01/tutorial-menciptakan-form-login-di-excel.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Menciptakan Form Login Di Excel"

Posting Komentar