IKLAN

Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel

Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MICROSOFT, Artikel MS EXCEL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel
link : Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel

Baca juga


Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel


Ketemu lagi di blog butut ini sob…
postingan aku kali ini ialah ihwal fungsi IF AND
rumus dalam excel memang simpel gampang susah,tapi kalau kita mau berguru dengan tekun susahnya niscaya ilang deh…,oke sob basa basinya udahan ya..langsung saja kita ke pokok bahasan..
IF AND ialah salah satu fungsi dalam excel, dimana untuk mendapat satu akhir harus memenuhi dua persyaratan, misalnya buatlah data menyerupai di bawah ini:
 postingan aku kali ini ialah ihwal fungsi IF AND Tutorial FUNGSI “IF AND” PADA MICROSOFT EXCEL
Untuk mengingat kembali rumus IF cobalah untuk mengisi kolom “NAMA BARANG” dengan rumus IF dengan ketentuan :”jika instruksi SP mmaka namanya SEPATU kalau kodenya SL maka namanya SANDAL,coba sendiri ya…kalau belum benar lihat rumus ini : pada cell C2 ketik
=IF(B2="SP","SEPATU","SANDAL")
Nah kalau sudah benar cobalah mengisi kolom HARGA dengan ketentuan: kalau sepatu ukuran 40 atau lebih maka harganya Rp 125.000,jika sepatu ukuran 39 kebawah harganya Rp 100.000, dengan rumus :
=IF(AND(C2="SEPATU",D2>=40),"125000",IF(AND(C2="SEPATU",D2<=39),"100000"))
lalu copy paste rumus tersebut ke bawah maka jadinya akan menyerupai di bawah ini:
 postingan aku kali ini ialah ihwal fungsi IF AND Tutorial FUNGSI “IF AND” PADA MICROSOFT EXCEL
Nah..kenapa cell E3-E5 ada goresan pena “FALSE” ? ada yang tahu…?
jadi goresan pena ‘FALSE” itu menandakan bahwa kriterianya tidak memenuhi sesuai ketentuan yang kita tulis pada rumus yaitu kalau sepatu ukuran 40 atau lebih maka Rp 125.000,jika sepatu ukuran 39 kebawah maka Rp 100.000,kalau kita lihat pada baris 3,4,5 tidak memenuhi kriteria tersebut.
Biar baris 3,4,5 terisi juga marilah kita buat rumus aksesori dengan ketentuan kalau SANDAL ukuran 40 ke atas maka harganya Rp 70.000,dan kalau SANDAL ukurannya= 40 atau di bawah 40 maka harganya Rp 50.000.
(saya sengaja buat rumus ini terpisah dari rumus di atas,karena kalau aku pribadi gabungkan dengan rumus sebelumnya teman niscaya akan pusing duluan hehe….)
Oke sob..biar cell 3,4,5 juga terisi dengan ketentuan di atas pada cell E2 kita tambahkan rumus menjadi
=IF(AND(C2="SEPATU",D2>=40),"125000",IF(AND(C2="SEPATU",D2<=39),"100000",IF(AND(C2="SANDAL",D2>40),"70000",IF(AND(C2="SANDAL",D2<=40),"50000"))))
dan kita copy pastekan ke bawah lagi sampai jadinya menyerupai di bawah ini:
 postingan aku kali ini ialah ihwal fungsi IF AND Tutorial FUNGSI “IF AND” PADA MICROSOFT EXCEL
rumus yang berwarna merah ialah rumus yang kita buat pertama, dan rumus yang warna hitam ialah tambahanya semoga semua kriterianya terpenuhi.
Haha…mungkin teman masih galau kenapa rumusnya menyerupai itu,oke aku akan coba jelaskan satu persatu semoga lebih gamblang…
teladan rumus di atas kita ambil satu kriteria saja yaitu
=IF(AND(C2="SEPATU",D2>=40) penjabaranya menyerupai ini sob…
=IF(AND(
ini ialah fungsi IF AND, Tutorial nulisnya mutlak menyerupai ini  sob…(warna biru) nggak boleh di balik balik atau di kurang kurangi…oke sob..sudah faham?
=IF(AND(C2="SEPATU",D2>=40)
C2=”SEPATU” ini ialah kriterianya yaitu jika cell C2 isinya sepatu, tanda kutip (“) di antara goresan pena SEPATU itu wajib ada,berguna untuk menandakan kriterianya adalan text SEPATU
tanda koma (,) ini juga wajib ada sob..berguna untuk memisahkan kriteria satu dan kriteria dua
D2>=40) ini ialah kriteria kedua, yaitu jika isi cel D2 itu lebih besar atau samadengan 40,tanda tutup kurung [ ) ] sehabis angka 40 ini berfungsi membatasi kriteria AND yaitu (C2=”SEPATU”,D2>=40)
,"125000" ini ialah kriteria IF yaitu kalau kriteria AND terpenuhi maka isinya ialah kriteria IF
Apakah sudah jelas? jadi kalau di logikakan dengan kata kata, rumus tersebut di atas adalah
=IF(AND(jika isi cell C2 ialah SEPATU dan isi cell D2 ialah lebih besar atau samadengan 40) maka isi cell E2 ialah 125000)
Perhatikan tanda tutup kurung [ ) ] , biasanya kesalahan rumus ini ialah pada penempatan tanda tutup kurung yang tidak pada tempatnya, yang benar ialah setiap kali kriteria AND simpulan maka kasihlah tanda tutup kurung dan untuk menutup fungsi IF letakkan tutup kurung pada ahir rumus dan jumlahnya sesuai dengan berapa jumlah fungsi IF yang ada pada rumus, kalau kita memakai fungsi IF 4 maka tutup kurung yang kita tambahkan di ahir rumus juga ada 4
kita sama sama berguru sob…jika ada yang kurang terperinci dapat tulis di komentar,
jangan lupa klik iklanya sob, semoga aku lebih semangat hehe…
untuk materi lainya klik di sini
untuk ifo menarik lainya klik disini


Demikianlah Artikel Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel

Sekianlah artikel Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2019/01/tutorial-fungsi-if-and-pada-microsoft.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Fungsi “If And” Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar