IKLAN

Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba

Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MICROSOFT, Artikel MS EXCEL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba
link : Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba

Baca juga


Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba

Ketika dalam database Excel Kamu terdiri dari banyak data (baris) dan kemungkinan terjadinya nilai ganda niscaya ada, kecuali Kamu membatasi atau menolak nilai ganda pada dikala pengentrian data.

Akan tetapi bila sudah terlanjur mengentry data dalam jumlah banyak sedangkan Kamu hanya menginginkan 1 (satu) nilai atau data yang unik (tidak ada nilai ganda), maka apakah harus mencarinya satu-persatu ??? Saya yakin niscaya membutuhkan tingkat kejelian yang sangat tinggi.

Solusi yang paling sempurna untuk kasus menyerupai di atas yaitu memakai VBA. Dengan memakai arahan VBA, pekerjaan yang membutuhkan waktu, kejelian, serta kesabaran tersebut, sanggup dilakukan dengan sekejap mata.

Sebagai contoh, lihat ilustrasi berikut ini :
Ketika dalam database Excel Kamu terdiri dari banyak data  Menghapus Nilai Ganda Memakai VBA

Dari data tersebut di atas tampak terlihat beberapa data atau nilai yang sama, dan untuk menghapusnya, Kamu tinggal memasukkan module berikut ini di jendela VBA Kamu.

Option Explicit

Sub HapusDuplikat()

Dim x As Long
Dim LastRow As Long

LastRow = Range("A65536").End(xlUp).Row
For x = LastRow To 1 Step -1
If Application.WorksheetFunction.CountIf(Range("A1:A" & x), Range("A" & x).Text) > 1 Then
Range("A" & x).EntireRow.Delete
End If
Next x

End Sub

Untuk eksklusif melihat hasilnya, tekan F5 di keyboard Kamu, tapi sebelumnya pastikan Macro Excel Kamu sedang dalam keadaan aktif (enable)

Catatan :
arahan di atas 'hanya' akan menghapus nilai ganda yang terdapat di kolom A saja, artinya bila terdapat nilai ganda di kolom selain A maka arahan tersebut tidak akan berhasil, solusinya yaitu mengganti aksara "A" dengan aksara lain yang mewakili kolom yang anda inginkan.
Range("A65536") merupakan baris maksimal yang dimiliki oleh Excel versi 2007 ke bawah, bila Kamu memakai versi 2007 ke atas - ada baiknya Kamu menggantinya dengan nilai Range("A1048576")


Demikianlah Artikel Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba

Sekianlah artikel Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2019/01/menghapus-nilai-ganda-menggunakan-vba.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghapus Nilai Ganda Menggunakan Vba"

Posting Komentar