IKLAN

Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel

Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MICROSOFT, Artikel MS EXCEL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel
link : Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel

Baca juga


Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel

Pengertian Kode Macro VBA If Else Di Excel 


Pengertian Kode Macro VBA If Else Di Excel Pengertian Kode Macro VBA If Else Di Excel
Kode macro VBA di Excel banyak sekali macam tipe dan jenisnya tergantung pada situasi dan kondisi isyarat macro yang akan digunakan. Sejak tahun 1993, Excel telah mempunyai bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang sanggup menambahkan kemampuan Excel untuk melaksanakan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang sanggup didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk dipakai di dalam worksheet. Selain itu, Excel juga sanggup merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi [macro], sehingga bisa melaksanakan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk sanggup berkomunikasi dengan penggunanya. 

Dalam penggunaannya seringkali isyarat macro dari fungsi If dan Else yang sering digunakan. Fungsi IF pada VBA Excel merupakan salah satu dari struktur kontrol, struktur kontrol yaitu perintah dengan bentuk (struktur) tertentu yang dipakai untuk mengatur (mengontrol) jalannya program. Fungsi IF Else sangat banyak kegunaannya dalam pemrograman Macro VBA Excel menyerupai untuk pembuatan Form Login atau bisa juga untuk Validasi TextBox dan masih banyak lagi kegunaannya. 

Ada beberapa Tutorial penulisan untuk memakai fungsi If Else di VBA Excel dan informasi ini saya kutip dari www.rumusexcel.com bisa menjadi tumpuan juga untuk Kamu untuk berguru Excel 

IF<kondisi>THEN<buka program>END IF

Penulisan isyarat di atas jikalau dijabarkan maka akan mendapat suatu logika bila <kondisi> bernilai True maka <buka jadwal >  akan dikerjakan.

IF<kondisi>THEN
  <buka jadwal 1>
ELSE
  <buka jadwal 2>
END IF

Penulisan isyarat di atas jikalau dijabarkan maka akan mendapat suatu logika bila < kondisi > bernilai True maka <buka jadwal 1> yang akan dikerjakan, tetapi bila <kondisi> bernilai False maka  <buka jadwal 2> yang akan dikerjakan.

IF<kondisi 1>THEN
   <buka jadwal 1> 
  ELSEIF<kondisi 2> THEN
   <buka jadwal 2> 
  ELSE
   <buka jadwal 3>
  END IF 

Penulisan isyarat di atas jikalau dijabarkan maka akan mendapat suatu logika Bila < kondisi 1>bernilai True maka <buka jadwal 1>  akan dikerjakan, bila < kondisi 2> bernilai True maka <buka jadwal 2>  akan dikerjakan dan bila  < kondisi 1> dan < kondisi 2> bernilai False maka <buka jadwal 3> yang akan di kerjakan.

Contoh sederhana penggunaan IF Else yaitu sebagai berikut: 
  1. Buka Aplikasi Microsoft Excel. 
  2. Tekan tombol Alt+F11 untuk menampilkan jendela Microsoft Visual Basic. 
  3. Klik kanan pada Sheet1(Sheet1) pada VBAProject dan pilih view code. 
  4. Kemudian masukkan script dibawah ini: ( lihat pola pada gambar ) 
Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
If Range("A1") = 1 Then
     Range("B1") = "Warna kuning"
     Range("A1").Interior.ColorIndex = 6
ElseIf Range("A1") = 2 Then
     Range("B1") = "warna hijau"
     Range("A1").Interior.ColorIndex = 4
ElseIf Range("A1") = 3 Then
     Range("B1") = "warna merah"
     Range("A1").Interior.ColorIndex = 3
End If
End Sub 
    
     5. Setelah selesai, coba ketikkan angka 1, 2 dan 3 pada Sheet 1 Cell A1 maka akibatnya akan menyerupai terlihat pada gambar animasi di bawah ini:

       6. Terakhir jikalau ingin menyimpannya silahkan pilih ekstensi *.xlsm atau *.xlsb.


Tertarik dengan goresan pena ini, Kamu sanggup mendownlod gratis di sini 


Contoh dari file Excel hasil Tutorial  kode If Else di Excel ini sanggup Kamu downlod gratis di sini 



Demikianlah Artikel Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel

Sekianlah artikel Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2019/01/pengertian-instruksi-macro-vba-if-else.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Instruksi Macro Vba If Else Di Excel"

Posting Komentar