IKLAN

Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air

Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KOMPUTER, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air
link : Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air

Baca juga


Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air

Kadang suatu dikala kita teledor dalam memakai laptop, terkadang secara tidak sengaja kita menumpahkan air dalam gelas dan terkena laptop. Dan ini biasanya paling sering terjadi sebab kebiasaan kita kalo didepan laptop mesti sambil membawa minuman dan camilan. Kadang secara tidak sengaja  contohnya kecipratan air, terkena tumpahan air kopi atau bahkan terendam atau tersiram air minum.

Jika hal tersebut diatas terjadi anda tidak usah panik, tetap damai .  Langkah awalnya  yaitu dengan memidahkan laptop yang terkena air tersebut ke kawasan yang kondusif dari sumber siraman air tersebut.

Selanjutnya yaitu mencopot battere, kemudian membrsihkan dan mengeringkanya. Jika terlihat kotor, bersihkan dengan kain halus dengan sedikit air dan digosok perlahan. Hati-hati terhadap kutup-kutup plus-minus battere (biasanya dari logam berwarna kuning berkilau dibagian bawah/samping bodi battere). Bersihkan cuilan ini hingga kering. Jika sudah kering sebaiknya battere jangan dipasang kembali dulu ke Notebook.

Jemur Notebook dibawah sinar matahari, dan letakan dengan berpindah posisi semoga air dibagian dalam bisa pribadi keluar. Setelah dijemur hingga kering, bisa disemprot dengan pengering rambut (hair-dryer) semoga cuilan dalam notebook bisa dijangkau. Semprotkan dilubang lainya, menyerupai speaker, port-connector, powe, keyboard laptop dsb. Hati-hati jangan hingga posisi Hair-dryer terlalu erat semoga tidak merusak komponennya.

Battere juga sanggup dijemur di bawah sinar matahari, tapi sebaiknya dibungkus kain terlebih dahulu. Battere laptop tipe lithium (Li-Ion) sangat sensitiv terhadap lingkungan panas yang sanggup menciptakan struktur kimiawi-nya rusak dan beresiko meledak. Sebaiknya dijemur hingga 1 – 3 jam saja. Setelah itudapat dimasukan kedalam kulkas (tetap dibungkus kain), dan jangan memaskan kedalam frezeer. Suhu hambar selama beberapa jam sanggup mengembalikan kemampuan battere.
Jika sudah terbiasa dengan hal-hal teknis, kita sanggup membuka cassis (bodi) notebook untuk mengeluarkan perangkat utama (seperti Processor laptop, Hard Disk, Motherboard, RAM dsb) semoga memastikan semuanya tidak mengalami kerusakan. Aritektur notebook mempunyai sistem yang cukup sederhana, terdiri aneka macam modul card yang dikoneksikan mengunakan konektor dan kabel. Yang perlu diingat, sebab komponen notebook biasanya kecil dan halus, diharapkan perlakuan yang ekstra hati-hati.

Siapkan toolset menyerupai obeng plus-minus berukuran kecil dan sedang, lebih baik jikalau mempunyai Ampere Meter. Balik notebook, dan copot semua mur dibagian bawah semoga chassis sanggup terbuka (umumnya HDD, RAM & Optical Disk terletak dibagian bawah). Hafalkan lokasi mur tersebutagar pada dikala pmasangan kmbali tidak salah letak. Telusuri dengan hati-hati semua baut yang belum terbuka, dan pisahkan semua komponen yang telah dibuka.

Perhatikan semua kabel dan konektor yang ada. Jangan hingga terputus atau rusak. Inijuga termasuk sirkuit yang ada terdapat didalam motherboard yang dilarang tergores atau lecet.

Komponen yang paling rentan mengalami kerusakan yaitu perangkat mekanis menyerupai Hard Disk dan Optical Disc (CD/DVD), Jika sudah sanggup membuka kedua perangkat ini, pribadi pisahkan dan keringkan sama menyerupai langkah diatas.

Buka semua cuilan notebook dan copot habis komponen semaksimal yang sanggup dilakukan. Pisahkan semua peralatan, kemudian jemur kembali hingga kering dan sesekali disemprot dengan hair-dryer. Setelah semuanya kering ukur semua komponen dengan Ampere Meter dengan cara menghubungkan konekter kealat tersebut. Jika dari angkanya di-indikasikan masih baik, berarti komponen sanggup dipakai kembali. Jangan lupa untuk melaksanakan testing tehadap battere juga.

Pasang kembali semua komponen dengan hati-hati keposisi semuladibagian pada notebook. Kencangkan semua bautlalu sesudah simpulan semprot kembali dengan hair-dryer untuk memastikan semuanya telah kering, pasang battere ketempat semula.

Sebaiknya gunakan listrik untuk melaksanakan testing pertama, dengan perkiraan battere telah mengalami kekosongan daya. Jangan pribadi dinyalakan, biarkan battere menyerap energi listrik kurang lebih selama satu jam.

Setelah itu copot kabel listrik, kemudian nyalakan menyerupai biasa. Jika tampilan notebook jalan menyerupai biasa, masuk ke hidangan BIOS dengan menekan tombol DEL atau F12 (tergantung tipe Notebook). Cek semua data peralatan BIOS apakah sudah benar, dan lakukan setting seperlunya menyerupai tanggal, booting priority dan sebagainya. Jika tidak mngerti, sanggup melaksanakan setting original menyerupai kondisi aslinya pada dikala dibeli. Pilihan ini niscaya tersedia dimenu BIOS.

Jika notebook tidak menyala sebagaimana mestinya, berarti ada komponen yang mengalami kerusakan parah. Tidak ada pailihan lain selain menggantinya dengan yang baru. Kita sanggup menghubungi vendor / dealer notebook yang banyak tersedia. Kita hanya sanggup berharap semoga kerusakan tersebut tidak terlampau banyak dan mengenai komponen utama menyerupai Processor maupun Motherboard yang berharga cukup mahal.

Untuk menghindari kerusakan Notebook, perilaku yang paling baik yaitu dengan melaksanakan tindakan preventif, yaitu menyelamatkanya sebelum terkena banjir. Tapi tragedi alam kadang terjadi begitu saja dan kita perlu mengambil langkah-langkah tertentu semoga kerugian tidak terlalu besar. Untuk itu diharapkan acara ekstra menyerupai yang dijelaskan diatas. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

Sumber : http://blog.fastncheap.com


Demikianlah Artikel Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air

Sekianlah artikel Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2019/08/tutorial-mengatasi-laptop-yang-terkena.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Mengatasi Laptop Yang Terkena Air"

Posting Komentar