IKLAN

6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android

6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANDROID, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android
link : 6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android

Baca juga


6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android


Namun tak jarang, dibalik pentingnya aplikasi Google Play Store berbagai pengguna android yang mengalami persoalan yakni aplikasi mengalami error menyerupai nggak sanggup dibuka, force close, terhenti datang – tiba, munculnya pesan error (Pop Up), dan lain – lainnya. Aplikasi yang error biasanya muncul pesan pemberitahuan menyerupai “Unfortunately Google Play Store Has Stopped”, atau “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti”.

Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Dibuka?
Salah satu kata kunci yang paling banyak digunakan orang mengenai Google Play Store adalah “Play Store Tidak Bisa Dibuka” yang artinya banyak pengguna android yang mengalami persoalan yang sama pada aplikasi play store tersebut. Untuk itulah kali ini saya akan mengupas tuntang mengenai penyebab dan cara mengatasi Google Play Store yang nggak sanggup dibuka tersebut.

Penyebab Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Pertama, kamu harus memahami mengenai penyebab yang terjadi pada smartphone android yang kamu miliki. Dan sehabis mengenai penyebabnya, barulah kamu mulai untuk memperbaikinya. Jangan terburu – buru bawa ke tukang servis, alasannya yaitu kamu sendiri saja saya yakin sanggup mengatasinya. Berikut penyebab mengenai aplikasi Google Play Store nggak sanggup dibuka.

  1. Koneksi Internet Lemah. Koneksi internet yang lemah menciptakan aplikasi browser nggak sanggup membuka situs yang di rujuk. Tidak hanya pada Google Play Store saja, hal ini juga sanggup terjadi pada aplikasi lain menyerupai BBM, WhatsApp, Facebook, UC Browser, Google Chrome, dan lain – lain. Lokasi atau daerah kamu membuka internet mungkin mempunyai kualitas jaringan yang buruk, atau sanggup saja alasannya yaitu kuota kamu sudah habis dan dan lupa mengisinya.
  2. RAM Android Penuh. Apakah RAM android kamu berkapasitas kecil? Jika ya, maka hal ini sanggup menjadi penyebab kenapa Google Play Store nggak sanggup dibuka. Perlu kamu ketahui bahwa RAM Android saya yang 512MB serasa berat dikala membuka aplikasi Google Play Store. Untuk itulah sebaiknya mulai kini kamu harus mengurangi penggunaan aplikasi lain. Misal, kalau kamu ingin membuka Google Play Store maka tutup aplikasi lain supaya Google Play Store sanggup terbuka.
  3. Penumpukan File Cache dan History. Salah satu penyebab yang sering terjadi pada semua pengguna android yakni File Cache dan File History yang nggak pernah dihapus. Jika sebelumnya kamu sering membuka aplikasi tertentu, tetapi kamu nggak pernah sama sekali membersihkan file cache maka patut kalau Google Play Store kamu nggak sanggup dibuka. File cache yaitu file yang bersifat sementara yang sering menggangu jalannya aplikasi android. Untuk itulah kamu harus sering – sering menghapus file cache dan history supaya aplikasi kamu nggak berat dan serasa ringan kembali.
  4. Tanggal dan Waktu Tidak Sesuai. Jika tanggal kamu nggak sesuai dengan kini atau nggak sesuai dengan jaringan GSM kamu maka koneksi internet kamu biasanya akan terganggu, dan beberapa aplikasi umumnya menyesuaikan tanggal yang ada di Android anda. Dan kalau nggak sesuai maka Aplikasi nggak sanggup dibuka.
  5. File Aplikasi Ada Yang Terhapus. Mungkin Google Play Store secara kasap mata nggak masalah, tapi kita nggak tahu mungkin saja ada file sanksi yang terhapus sehingga menciptakan Google Play Store sering error, termasuk nggak sanggup dibuka. Salah satu jalan yang sanggup kamu lakukan yakni menghapus dan menginstall kembali.
  6. Google Play Store Terkena Virus. Apa Kamu Tidak Memasang AntiVirus? Jika nggak, mungkin itu sanggup saja menciptakan membuat aplikasi terjadi error, force close, dan nggak sanggup dibuka. Untuk lebih amannya sebaiknya kamu memasang anti virus untuk berjaga – jaga supaya nantinya nggak ada virus yang masuk ke android anda.
  7. Kamu Telah Melakukan Root. Jika sebelumnya kamu telah melaksanakan root dan sehabis itu kamu nggak sanggup membuka Google Play Store maka sanggup dipastikan itulah efek dari proses rooting. Root memang sangat baik, kita sanggup mengontrol semua aplikasi semau kita, tapi terkadang  root juga sanggup menciptakan aplikasi error dan nggak sanggup dibuka.

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari aplikasi Google Play Store tersebut, mungkin kamu sudah berfikir apa yang sebelumnya telah kamu lakukan sehingga menciptakan Google Play Store nggak sanggup dibuka. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu sanggup menerapkan tips – tips berikut ini.


Cara 1 : Hapus File Cache dan History

Cara pertama yang sanggup kamu lakukan dalam mengatasi Google Play Store nggak sanggup dibuka yakni dengan menghapus file cache Google Play Store dan History pencarian. Cara ini yaitu salah satu cara paling dasar sanggup kamu lakukan dengan sangat gampang dan cepat. Kamu sanggup memakai Aplikasi pembersih supaya lebih gampang dan lebih cepat. 

Ada beberapa aplikasi cleaner terbaik yang sanggup kamu gunakan secara gratis menyerupai Clean Master, CCleaner, Clean Master, dan lainnya. Tapi kalau kamu ingin membersihkan file cache tanpa aplikasi kamu tetap sanggup lakukan dengan gampang dan cepat. Coba ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka sajian Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Google Play Store, kemudian tap “Hapus Cache”. 

Baca Juga : 

Cara 2 : Hentikan dan Hapus Data Play Store

Jika dengan cara pertama nggak berhasil maka lakukan dengan cara kedua yakni dengan menghapus data aplikasi Google Play Store. Cara ini sanggup menciptakan Play Store kembali pada pengaturan awal (Defaul) dan semua data login, basis data, history, cache, dan file sementara lainnya akan hilang secara permanen. Biasanya cara ini terbilang cukup jitu mengatasi aplikasi error ataupun nggak sanggup dibuka. Simak langkah – langkah menghapus data Google Play Store dibawah ini.

  • Buka sajian Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Google Play Store, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
  • Lakukan hal yang sama pada Google Service Framework, Tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.


Cara 3 : Scan Dengan Antivirus

Tidak ada salahnya kalau kamu melaksanakan scanning dengan antivirus. Terkadang beberapa aplikasi bawaan terjadi error dikala ada malware jahat yang merusak sistem Android, terutama pada Aplikasi bawaan. Untuk membersihkannya, cobalah untuk melaksanakan scanning dengan Antivirus terbaik menyerupai CM Security, AVG, Kaspersky, Avast, Avira, dan lainnya.

Baca Juga :

Cara 4 : Install Ulang Google Play Store

Apabila cara diatas juga nggak sanggup membantu sama sekali, terpaksa kamu harus aplikasi Google Play Store. Tapi sebelum melaksanakan cara ini pastikan kamu sudah mengunduh Aplikasi Google Play Store format APk. Pastikan kamu menghapus aplikasi Google Play Store sebersih mungkin. Gunakan juga aplikasi Cleaner untuk membersihkan bekas data Google Play Store.

  • Buka sajian Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Google Play Store, kemudian tap “Copot Pemasangan”. 


Cara 5 : Matikan Smartphone Android Kamu

Apabila kamu telah berhasil menginstall aplikasi Google Play Store, lanjutkan dengan langkah selanjutnya yakni dengan mematikan smartphone Android, cabut baterai, SIM Card, dan SD Card. Diamkan selama beberapa menit supaya Android nggak menerima daya dari Baterai. Setelah beberapa dikala kamu diamkan, cobalah kamu pasang dan nyalakan kembali Android anda.

Cara 6 : Factory Reset Android Kamu

Jika semua cara telah kamu lakukan dan ternyata nggak membuahkan hasil sama sekali. Maka terpaksa kamu harus melaksanakan factory reset (mengembalikan Android ke setelan pabrik/ awal). Tapi sebelum melaksanakan cara ini pastikan kamu telah membackup semua file di Android kamu mulai dari foto, video, musik, dokumen, aplikasi, dan lainnya. Setelah backup selesai, barulah kamu mencoba untuk factory reset. Ikuti langkah – langkah factory reset Android dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.


Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Di Android, semoga sanggup membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Artikel Terkait :



Demikianlah Artikel 6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android

Sekianlah artikel 6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2019/07/6-cara-mengatasi-google-play-store.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka Di Android"

Posting Komentar