IKLAN

Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019

Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel SEKOLAH, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019
link : Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019

Baca juga


Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019

BAB I
PENDAHULUAN
  • Latar Belakang
Penerimaan mahasiswa baru merupakan salah satu proses yang bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan syarat-syarat dan kriteria yang telah ditentukan oleh perguruan tinggi tersebut. Penerimaan mahasiswa baru dimulai dengan tahapan pendaftaran, pengumpulan berkas, seleksi berkas, ujian seleksi dan pengumuman penerimaaan mahasiswa, dengan kehadiran teknologi komputer yang mengalami perkembangan sistem informasi, maka dapat memberi manfaat berupa kemudahan menyimpan, mengorganisasi dan melakukan pengambilan terhadap berbagai data.

Umumnya proses penerimaan calon mahasiswa baru yang terjadi pada perguruan tinggi STIMED Nusa Palapa mengalami keterbatasan pengolahan data yang masih diolah secara manual menggunakan Microsoft Excel yang dimulai dari masa waktu pendaftaran, syarat – syarat pendaftaran yang diumumkan secara tertulis, pengisian formulir yang masih diisi secara langsung, seleksi berkas yang membutuhkan STTB, SKHU, ijazah, foto berwarna ukuran 3×4 dan raport semester akhir dari setiap calon pendaftar mahasiswa baru masih di antar secara langsung ke pihak akademik yang bersangkutan, ujian seleksi yang masih dilakukan secara tertulis dan pengumuman yang mencakup pendaftaran ulang, informasi pembayaran, pengumuman nomor induk mahasiswa, dan hasil ujian seleksi masih dilakukan dengan menghubungi calon mahasiswa baru via telepon ataupun melalui SMS. Maka dengan Adanya Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online akan membantu mempercepat proses penerimaan mahasiswa tersebut.
Berdasarkan permasalahan diatas maka “Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIMED Nusa Palapa Secara Online” sangat dibutuhkan guna untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa dalam hal pendaftaran, juga dapat memudahkan admin dalam mendapatkan data lengkap mengenai data calon mahasiswa yang mendaftar  karena data yang didapatkan akan tersimpan secara komputerisasi.
  • Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis merumuskan pokok permasalahan yang dihadapi yaitu :
  • Bagaimana meracang Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIMED Nusa Palapa secara
  • Bagaimana proses membuat Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIMED Nusa Palapa secara Online menggunakan PHP dan MySQL
  • Bagaimana menampilkan pengumuman yang dapat diakses secara online agar calon mahasiswa dapat terbantu dalam mendapatkan informasi pendaftaran.

  • Batasan Masalah
Agar pembahasan tidak menyimpang dari apa yang telah dirumuskan, maka perlu diadakan pembatasan masalah sebagai berikut:
  • Aplikasi ini hanya menampilkan masa waktu pendaftaran, syarat – syarat pendaftaran, dan pengisian formulir.
  • Pengumpulan berkas dilakukan dengan meng-upload hasil scan STTB, SKHU, Ijazah terakhir, pas foto berwarna ukuran 3×4, transkip nilai rapor semester akhir.
  • Ujian tes TPA dan Bhs.Inggris dilakukan dengan menggunakan metode me-random soal dan ujian seleksi hanya di lakukan di lokasi kampus.
  • Informasi pengumuman hasil ujian seleksi hanya menampilkan yang dinyatakan lulus.
  • Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online ini hanya menampilkan pengumuman informasi pembayaran, informasi pendaftaran ulang, dan infomasi nomor induk mahasiswa,
  • Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan basis data menggunakan
  • Tujuan dan Manfaat Penelitian
    • Tujuan Penelitian
Tujuan pembuatan Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIMED Nusa Palapa Secara Online ditujukan untuk melakukan kegiatan registrasi yang terstruktur dan informatif, sehingga dapat dihasilkan proses kerja yang lebih baik dan maksimal dengan menggunakan penyimpanan data yang tersentralisasi yang dapat memudahkan kegiatan perubahan data, pencarian dan publishing data dengan menggunakan teknologi komputer.
  • Manfaat Penelitian
    Adapun manfaat yang didapatkan instansi perguruan tinggi dan penulis sebagai berikut :
  1. Calon mahasiswa lebih mudah untuk melakukan proses registrasi tanpa harus melakukan interaksi langsung dengan bagian administrasi karena informasi tersebut dapat diperoleh dengan melakukan pencarian data melalui komputer yang terkoneksi secara
  2. Memudahkan admin dalam mengelola data-data yang telah diinput oleh calon mahasiswa yang merupakan kebutuhan untuk proses pengolahan data.
  3. Penyimpanan data yang terstruktur dikarenakan Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online menggunakan database yang tersimpan didalam komputer.
  • Sistematika Penulisan
Demi terwujudnya suatu hasil yang baik dalam penyusunan proposal ini penulis menggunakan pembahasan yang sesuai dengan ketentuan yang diberikan, sistematika penulisan meliputi antara lain :

BAB I :      PENDAHULUAN
Dalam bab ini menjelaskan tentang latar belakang, rumusan maslah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian serta sistematika penulisan.
BAB II:     LANDASAN TEORI
Dalam bab ini penulis menjelaskan teori-teori yang bersangkutan dengan masalah yang akan dibahas. Teori-teori tersebut yaitu membahas defenisi Implementasi, Web, Pemrograman PHP (Personal Home Page), dan Database MySQL.
BAB III:    METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini berisi tentang perancangan system yang meliputi lokasi dan waktu penelitian, metode pengumpulan data, jenis dan sumber data.
BAB IV:    ANALISIS DAN PERENCANGAN SISTEM
Bab ini berisi jenis perancangan, materi perancangan, alat perancangan, dan rancangan aplikasi.
BAB V:     PENUTUP
Bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan perbaikan dimasa mendatang.

BAB II
LANDASAN TEORI

  • Sejarah Singkat Sekolah Tinggi Informatika dan Multimedia ( STIMED ) Nusa Palapa
Sekolah Tinggi Informatika dan Multimedia (STIMED) Nusa Palapa adalah perubahan nama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Mattirowali  Makassar.STMIK Mattirowali didirikan oleh Yayasan Pendidikan Mattirowali pada tanggal 16 Maret 2002 sesuai akte Notaris No.11. Kemudian STMIK Mattirowali mendapat ijin penyelenggaraan dengan SK Mendiknas No.101/D/0/2003, tanggal 9 Juli 2003 beserta 2 (dua) program Studi yaitu: Sistem Informasi dan Tehnik Informatika. Kedua Program Studi tersebut telah pendapat perpanangan ijin penyelenggaraan, masing-masing sebagai berikut:

  1. Tehnik informatika (10802), Strata Satu (S1) dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.3305/D/T/2006, tanggal 1 September 2006.
  2. Sistem Informasi (10804), Strata Satu (S1) Dengan Sk Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.3306/D/T/2006, tanggal 1 September 2006.
Perjanjian ijin penyelenggaraan kedua Program Studi tersebut diberikan untuk jangka waktu 4 (empat) tahun terhitung sejak tanggal di terbitkan ijin penyelenggaraan. STMIK Mattirowali berubah menjadi Sekolah Tinggi Informatika Dan Multimedia Nusa Palapa berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No.295/D/0/2006, tanggal 26 Desember 2006 dengan tetap 2 (dua) Program Studi yaitu Sistem Informasi Dan Tehnik Informatika.
  • Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru
Penerimaan merupakan penyambutan, proses, perbuatan atau sikap terhadap seseorang, mahasiswa merupakan pelajar pada akademi atau perguruan tinggi. Baru merupakan suatu hal belum ada sebelumnya. (kamus bahasa Indonesia terbaru, Desi Anwar,2003;331). Sistem penerimaan mahasiswa baru di mulai dengan tahapan sebagai berikut :
  • Pendaftaran
Pendaftaran yang dalam bahasa Indonesia merupakan kata dasar dari daftar yang berarti catatan sejumlah nama atau hal yang disusun berderet dari atas kebawah. Namun arti dari kata pendaftaran itu sendiri berbeda dengan kata dasarnya. Pendaftaran merupakan proses atau cara dari perbuatan mendaftar misalnya pencatatan nama, alamat, dsb. Pendaftaran terdiri atas Pendaftaran secara langsung dan Pendaftaran online.
  • Pendaftaran Online
Pendaftaran online adalah prosedure yang dilakukan wajib bagi aplikan yang ingin mendaftar dengan mengisi formulir yang ada didalam website dan akan otomatis diteruskan ke database.
  • Tata Cara Pendaftaran Online
  1. Membuat account di situs penerimaan mahasiswa baru STIMED Nusa Palapa klik link Buat Account untuk login dan mengakses form
  2. Sebelum mengisi formulir terlebih dahulu calon mahasiswa baru diwajibkan untuk melakukan registrasi pembayaran pendaftaran.
  3. Setelah melakukan registrasi pembayaran, pendaftar atau calon mahasiswa bisa langsung mengisi formulir pendaftaran dan meng-upload berkas sesuai dengan persyaratan.
  4. Formulir yang telah diisi dan berkas yang ter-upload akan tersimpan secara komputerisasi, maka pendaftar tidak dapat lagi mengubah informasi data diri dan pilihan program studi.
  5. Setelah mengisi formulir, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian seleksi.
  6. Mengikuti ujian seleksi di kampus STIMED Nusa Palapa sesuai dengan waktu dan syarat yang telah ditentukan.
  7. Setelah mengikuti ujian seleksi, peserta dapat melihat pengumuman kelulusan, pembayaran, pendaftaran ulang, dan nomor induk mahasiswa pada website
    • Seleksi Berkas
Seleksi berkas merupakan seleksi surat-surat yang dimiliki pendaftar untuk menentukan apakah sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta pihak kampus, antara lain STTB, SKHU, Ijazah terakhir dan transkip nilai lapor semester akhir.
  • Ujian Seleksi
Ujian seleksi merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh pendaftar sampai akhirnya memperoleh keputusan dari pihak kampus dimana calon pendaftar dinyatakan lulus. Ujian seleksi dilakukan dengan menggunakan metode me-random soal.
  • Pengumuman
Pengumuman adalah surat yang disampaikan kepada umum, sekelompok khalayak tanpa harus diketahui siapa dan berapa jumlah pembacanya, dan siapa pun berhak membaca, namun tidak semua pembaca itu berkepentingan (Nurjamal dan Sumirat, 2010:56). Pengumuman dibuat untuk mengkomunikasikan atau menginformasikan suatu gagasan, pikiran kepada pihak lain.
  • Web
Website adalah sekumpulan halaman yang menampilkan konten atau sesuatu yang bisa diakses atau dibuka apabila kita mengakses internet. Sebutan website mempunyai halaman awal, yaitu halaman yang pertama kali tampil apabila kita membuka alamat pada internet, halaman pertama  ini kerap di sebut homepage. Website digunakan sekumpulan halaman yang menampilkan informasi dan menampilkan apa saja yang diinginkan oleh pemiliknya dengan harapan bisa diakses oleh siapa saja yang terkoneksi di internet dan menghubungi alamat website tersebut. Jenis website itu sendiri ada bermacam-macam, mulai dari Portal, Online Shopping, Blog, Forum, dan banyak jenis website adalah informasi dan komunikasi. (Wahyu gunawan 2002)

  • Prinsip Kerja Web
Untuk bisa dibuka dan diakses oleh pihak lain, file-file website harus tersimpan pada komputer yang terkoneksi dengan internet. Komputer yang terhubung dengan internet tersebut memiliki alamat atau identitas sendiri disebut IP Address. IP Address ini berupa angka-angka, contoh : 123.452.783.99.   Masing-masing komputer yang terhubung ke internet memiliki identitas IP Address yang unik dan saling berlainan. Untuk memahami IP Addres bisa diibaratkan dengan nomor telepon, jadi apabila kita ingin menghubungi suatu komputer, yang kita lakukan adalah memasukkan nomor IP Address komputer tersebut, seperti kita menekan nomor telepon  apabila ingin menghubungi seseorang melalui telepon.
  • Aplikasi Web
Semula aplikasi web dibangun dengan menggunakn bahasa yang disebut HTML (Hyper Text Markup Language) dan protokol yang digunakan dinamakan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Namun pada perkembangannya selanjutnya sejumlah skrip dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML. (Abdul Kadir, 2013). Secara umum aplikasi web sebagai menjadi dua:
  1. Web Statis, biasanya dibentuk dengan menggunakan HTML saja, kekurangan yang paling menonjol terletak pada keharusan untuk memelihara program secara terus-menerus untuk mengikuti perubahan yang terjadi.
  2. Web dinamis, untuk membentuk web dinamis terdapat dua macam pengelompokan, yaitu:
    1. Teknologi pada sisi client, biasanya diimplementasikan dengan mengirim kode perluasan HTML atau program tersendiri dan HTML ke client. Kelemahan pada sistem sisi client adalah browser client tidak dapat mendukung fitur kode perluasan HTML. Yang termasuk teknologi pada sisi client adalah:
  3. Control Active
  4. Java Applet
  5. Java Script
  6. Teknologi pada sisi server memungkinkan pemrosesan kode didalam server sehingga kode yang sampai pada user berbeda dengan kode asli pada Yang termasuk teknologi pada sisi server adalah:
  7. Common Gatway Intervace (CGI)
  8. Properiotary web server (API)
  9. Active Server Pages (ASP)
  10. Server-Slide java script
  11. PHP
  12. Java Server Pages (JSP)
    • HTML
HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML dirancang untuk digunakan tanpa tergantung pada suatu platfrom tertentu (platfrom independent). Dokumen HTML adalah suatu dokumen teks biasa, dan disebut sebagai markup laguage karena mengandung tanda-tanda (tag) tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen.

  • PHP
PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf. Dialah yang pertama kali menulis mesin pengurai (parsing engine) dalam bahasa PHP sebagai program CGI Peral pada tahun 1995, yang disebutnya “Personal Home Page”, atau disingkat PHP. Tujuan awalnya adalah mencatat pengunjung yang membuka halaman resume-nya di web. Kemudian dia menulis ulang kode-kode tersebut scara keselurahan dengan bahasa C yang membuat program itu menjadi lebih kaya dengan kemampuan penguraian yang lebih luas dan menambahkan konektivitas database. Tahun-tahun berikutnya ada banyak programer yang berjasa bagi perkembangan PHP, termasuk Zeev Suraski dan Andi Gutmans yang menulis kembali parsing engine untuk menciptakan PHP versi 3 (Stuart McClure dan Saumil Shah, 2003:23).
PHP adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis web yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman berbasis web yang lain (Andi Pramono & M.Syafii, 2005:2). PHP sendiri merupakan singkatan dari Personal Home Page Tools. Script ini akan membuat suatu aplikasi dapat diintegrasikan kedalam HTML sehingga suatu halaman web tidak lagi bersifat statis, namun bersifat dinamis. Sifat server-side berarti pengerjaan script akan dilakukan di server, baru kemudian hasilnya dikirimkan ke browser. Keunggulan yang dimiliki program PHP adalah :
  • PHP memiliki tingkat akses yang lebih cepat
  • PHP memiliki tingkat lifecycle yang cepat sehingga selalu mengikuti perkembangan teknologi internet.
  • PHP memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.
  • PHP mampu berjalan di beberapa server yang ada, misalnya Apache, Microsoft IIS, PWS, phttpd, fhttpd, dan Xitami.
  • PHP mampu berjalan di Linux sebagai platform sistem operasi utama bagi PHP.
  • PHP bersifat free atau gratis.
  • Kelebihan PHP
PHP memiliki keunggulan diantara bahasa server-side scripting yang banyak digunakan sekarang ini. Beberapa kelebihan PHP yaitu:
  1. Mudah dibuat dan kecepatan tinggi.
  2. Dapat berjalan dalam web server yang berbeda dan dalam sistem operasi yang berbeda pula seperti UNIX, Windows98, Windows NT dan Macintosh.
  3. Diterbitkan secara gratis.
  4. Dapat berjalan pada web server Microsoft Personal Web Server, Apache, IIS, Xitami, dan sebagainya.
  5. Termasuk bahasa yang embedded (bisa ditempel atau diletakkan dalam tag HTML)
  6. PHP termasuk server-slide programing.
  7. PHP mendukung berbagai macam sistem database seperti oracle, Sybase, MySQL, Solid, Postgres SQL, dan Generic ODBC.
  8. PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan lain melalui protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3, dan lain-lain.
    • Bahasa (Script) PHP
Setiap program PHP disebut dengan script. Script  berupa file teks, yang dapat dibuat dengan menggunakan program editor file teks biasa berupa notepad, PHPed, Ultraedit, (dalam lingkungan Unix/Linux), dan lain sebagainya.
Script PHP diawali dengan tag <? Kemudian diakhiri dengan tag ?>, setiap baris perintah atau statement  harus diakhiri dengan menggunakan tanda titik koma(;). Peyimpanan nama file PHP menggunakan ekstensi (.php) sebagai standar.
  • XAMPP
XAMPP merupakan salah satu perangkat lunak bebas, dapat dijalankan di sistem operasi Windows, Linux dan Apple. XAMPP merupakan induk atau sebuah perangkat lunak yang menyediakan perangkat lunak didalamnya seperti Apache HTTP Server, MySQL database, PHP dan Perl. Dengan meng-install XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis.
  • Sublime Text 2
Sublime text adalah aplikasi editor untuk kode dan teks yang dapat berjalan di platform operating system dengan menggunakan teknologi python APL. Terciptanya aplikasi ini terinspirasi dari aplikasi VIM, aplikasi ini sangat fleksible dan powerfull. Fungsionalitas dari aplikasi ini dapat dikembangkan dengan menggunakan sublime-packages. Sublime text bukanlah aplikasi open source dan aplikasi yang dapat digunakan dan didapatkan secara gratis, akan tetapi beberapa fitur penembangan fungsionalitas (packages) dari aplikasi ini merupakan hasil dari temuan dan mendapatkan dukungan penuh dari komunitas serta memiliki lisensi aplikasi gratis.
Sublime text mendukung berbagai bahasa pemrograman dan mampu menyajikan sintaks highlight hampir disemua bahasa pemrograman yang didukung ataupun dikembangkan oleh komunitas seperti ; C, C++, C#, CSS, D, Dylan, Erlang, HTML, Groovy, Haskell, Java, Javascipt, LaTeX, Lisp, Lua, Markdown, MATLAB, OCaml, Perl, PHP, Python, R, Ruby, SQL, TCL, Textile, and XML. Biasanya bagi bahasa pemrograman yang didukung ataupun belum didukung secara default dapat lebih dimaksimalkan atau didukung dengan menggunakan add-ons yang bisa di-download sesuai kebutuhan user. Berikut beberapa fitur yang diunggulkan dari aplikasi Sublime Text:
  1. Goto Anything
Fitur yang sangat membantu dalam membuka file ataupun menjelajahi isi dari file hanya dengan beberapa keystrokes.

  1. Multiple Selections
Fitur ini memungkinkan user untuk mengubah secara interaktif banyak baris sekaligus, mengubah nama variabel dengan mudah, dan memanipulasi file lebih cepat dari sebelumnya.

  1. Command Pallete
Dengan hanya beberapa keystorkes, user dapat dengan cepat mencari fungsi yang diinginkan, tanpa harus menavigasi melalu menu.
  1. Distraction Free Mode
Bila user memerlukan fokus penuh pada aplikasi ini, fitur ini dapat membantu user dengan memberikan tampilan layar penuh.
  1. Split Editing
Dapatkan hasil yang maksimal dari monitor layar lebar dengan dukungan editing perpecahan. Mengedit sisi file dengan sisi, atau mengedit dua lokasi di satu file. Anda dapat mengedit dengan banyak baris dan kolom yang user inginkan.
  1. Instant Project Switch
Menangkap semua file yang dimasukkan kedalam project pada aplikasi ini. Terintegrasi dengan fitur Goto Anything untuk menjelajahi semua file yang ada ataupun untuk beralih ke file dalam project lainnya dengan cepat.
  1. Plugin API
Dilengkapi dengan plugin API berbasis Phyton sehingga membuat aplikasi ini sangat tangguh.
  1. Customize Anything
Aplikasi ini memberikan user fleksibilitas dalam hal pengaturan fungsional dalam aplkasi ini.
  1. Cross Platform
Aplikasi ini dapat berjalan hampir disemua operating system modern seperti Windows, OS X, dan Linux based operating system.
  • Adobe Dreamweaver
Dreamweaver merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk membangun sebuah website baik secara grafis maupun dengan menuliskan kode sumber (source code) secara langsung. Adobe Dreamweaver memudahkan pengembang website untuk mengelola halaman-halaman website dan asset-asetnya, baik gambar (image), animasi flash, video, suara dan lain sebagainya. Selain itu, adobe dreamweaver juga menyediakan fasilitas untuk malakukan pemrograman scripting, baik ASP (Active Serve Page), Javascript (JS), cold fusion, CSS (Cascading Style Sheet), XML  dan lainnya.
  • Basis Data
Basis data  dari bahasa inggris yaitu database yang merupakan kumpulan-kumpulan informasi yang di simpan dalam komputer. Yang dapat di olah dan diperiksa oleh program komputer untuk memperoleh informasi basis data tersebut.
Adapun jenis-jenis perangkat lunak basis data yang biasa digunakan yaitu: Microsoft SQL Server, Oracle, Microsoft Access, dbFast, MySQL, Interbase, dll. (Kusrini, 2007).
  • MySQL
MySQL adalah sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan data dengan sangat cepat, bersifat multi user, serta menggunakan perintah standar SQL (Bunafit Nugroho, 2004).
MySQL adalah multiuser database yang merupakan suatu relational database management system (RDBMS) client atau server yang berbasis SQL buatan T.C.X data consultab AB, swedia. Database MySQL tidak membutuhkan ruang hardisk yang besar untuk aplikasinya, dan mudah digunakan pada database server sangat ideal untuk aplikasi kecil dan menengah.

  • Unified Modeling Language
Unified modeling language atau biasa disebut UML merupakan sebuah bahasa penggambaran dalam bentuk model yang berfungsi untuk menspesifikasikan, mendokumentasikan dan menvisualisasikan sebuah sistem yang akan di rancang sebelum di bangun dalam bahasa pemrograman. (Ardhian Agung Yulianto, 2009). UML mempunyai diagram yaitu :
  • Use-case
Diagram use case merupakan penggambaran/pemodelan untuk menggambarkan kebiasaan (behaviour) dari sistem yang akan dibangun.
Tabel 2.1 Keterangan simbol-simbol  pada diagram use case
No Nama dan Simbol Keterangan  
1. Aktor Menggambarkan tentang pelaku-pelaku yang berperan aktif dalam penggunaan sistem.

Use case Menggambarkan bagian-bagian dari sistem yang saling bertukar pesan dengan sesama use case atau aktor, dan biasanya menggunakan kata kerja untuk penamaan use case diawal kata  

Association Mengidentifikasikan interaksi aktor tertentu dan use case tertentu  

Generalization Menggambarkan hubungan generalisasi dan spesialisasi (umum-khusus) antara dua buah use case dimana fungsi yang satu merupakan fungsi yang lebih umum dari lainnya, missal  

Dependency relasi use case tambahan ke sebuah use case yang ditambahkan memerlukan use case ini untuk menjalankan fungsinya atau sebagai syarat dijalankan use case ini  

Dependency Menggambarkan relasi use case tambahan ke sebuah use case, dimana use case yang ditambahkan dapat berdiri sendiri walau tanpa use case tambahan itu  
  • Class diagram
Diagram class memberikan pandangan secara luas dari suatu sistem dengan menunjukkan kelas-kelasnya dan hubungan mereka.
Tabel 2.2 Keterangan simbol-simbol  pada diagram class
No. Nama dan Simbol Keterangan
1. Class Menggambarkan blok-blok pembangun pada pemrograman berbasis objek

Association Penghubung antar kelas

Aggregation Menggambarkan bahwa satu kelas merupakan bagian dari suatu kumpulan

Generalization Menggambarkan suatu turunan dengan mengasumsikan satu kelas merupakan super Class dari kelas lain
  • Sequence Diagram
Diagram sequence merupakan salah satu diagram interaksi yang menjelaskan bagaimana suatu operasi itu dilakukan, message (pesan) apa yang di kirim dan kapan pelaksanaannya. Diagram ini diatur berdasarkan waktu. Objek-objek yang berkaitan dengan proses berjalannya operasi di urutkan dari kiri ke kanan berdasarkan waktu terjadinya dalam pesan yang terurut.

Tabel 2.3 Keterangan simbol-simbol  pada diagram Sequence
No. Nama dan Simbol Keterangan
1. Objek dan lifeline Biasanya dinyatakan menggunakan kata benda di awal frase nama objek Lifeline, menyatakan kehidupan dari suatu objek.

Message dan Waktu aktif Menggambarkan suatu objek membuat objek yang lain yang ditandai dengan waktu aktif (kotak kuning), arah panah juga mengarah pada objek yang dibuat
  • Activity Diagram
Diagram ini berhubungan dengan diagram statechart dimana diagram statechart yang berfokus pada objek yang dalam suatu prosesnya menjadi suatu objek, dan diagram activity berfokus pada aktifitas-aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal. Dengan kata lain, diagram activity menunjukkan bagaimana aktifitas-aktifitas tersebut bergantung satu sama lain.

Tabel 2.4 Keterangan simbol-simbol  pada diagram Activity
No. Nama dan Simbol Keterangan
1. Status awal Menggambarkan awal untuk memulai sebuah aktivitas(kegiatan)

Aktfitas Menggambarkan aktivitas yang dilakukan oleh sistem

Decision Menggambarkan percabangan dimana jika ada pilihan aktivitas lebih dari satu

Swimlane Memisahkan organisasi bisnis yang bertanggungjawab terhadap aktivitas yang terjadi

Synchronization Menggambarkan penggabungan dimana jika ada aktivitas yang lebih dari satu ingin digabungkan menjadi satu

Status akhir Menggambarkan akhir untuk menutup kegiatan(kegiatan)


  • Deployment Diagram
Diagram deployment merupakan penggambaran/pemodelan yang menunjukkan konfigurasi komponen dalam proses eksekusi sistem.
Tabel 2.5 Keterangan simbol-simbol  pada diagram Deployment
No. Nama dan Simbol Keterangan
1. Package Menggambarkan sebuah bungkusan dari satu atau lebih node

Node Biasanya mengacu pada perangkat keras, perangkat lunak yang tidak dibuat sendiri

Dependency Merupakan kebergantungan antar node

Umumnya proses penerimaan calon mahasiswa baru yang terjadi pada perguruan tinggi STIMED Nusa Palapa mengalami keterbatasan pengolahan data yang diolah secara manual menggunakan Microsoft Excel dimulai dari masa waktu pendaftaran, syarat – syarat pendaftaran yang diumumkan secara tertulis, pengisian formulir diisi secara langsung, pengumpulan berkas pendaftar masih secara langsung disetor ke pihak akademik, ujian seleksi dilakukan secara tertulis, pengumuman informasi pembayaran, nomor induk mahasiswa, dan hasil ujian seleksi dilakukan dengan menghubungi calon mahasiswa baru via telepon ataupun melalui SMS.
  • Kerangka Pikir
Melihat permasalahan yang ada, maka akan dibangun sebuah Aplikasi Web Penerimaan Mahasiswa Baru. Aplikasi ini akan di gunakan oleh calon mahasiswa baru untuk mendaftar, mengisi formulir, menyetor berkas, mengikuti ujian seleksi secara online, syarat ujian seleksi dilakukan secara me-random soal dan memudahkan pendaftar dalam melihat pengumuman pendaftaran ulang, registrasi pembayaran dan melihat nomor induk peserta bagi yang dinyatakan lulus, Serta memberi kemudahan bagi admin akademik untuk melakukan pengelolaan data pendaftar.
Implementasi aplikasi yang diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pihak akademi dan calon pendaftar.
Tahap pertama yang akan dilakukan yaitu teknik pengumpulan data terhadap pihak akademi untuk melihat kemungkinan kebutuhan yang diperlukan pada perancangan aplikasi yang akan dibuat nantinya. Untuk model perancangan menggunakan star UML, selanjutnya akan di bangun menggunakan Sublime Text  dan Adobe Dreamweaver dengan menggunakan bahasa pemograman PHP, basis data MySQL dan metode yang digunakan untuk melakukan pengujian yaitu black box testing, output sistem berupa website penerimaan mahasiswa baru.

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
  • Lokasi Penelitian
Penelitian dilaksanakan pada kampus STIMED Nusa Palapa yang terletak di Gedung Graha Pena Lt.10 Jln. Urip Sumoeharjo Km.4 Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan dengan waktu penelititan dilakukan mulai bulan April sampai bulan juli tahun 2016.Adapun gambaran sistem yang sedang berjalan dan yang akan diusulkan pada STIMED Nusa Palapa selama melakukan penelitian diantaranya :

  1. Sistem yang sedang berjalan
Gambar 3.1 Arsitektur Sistem yang berjalan.
Sistem penerimaan mahasiswa baru yang sedang berjalan pada STIMED Nusa Palapa masih dilakukan secara manual yaitu data pendaftar yang ada diolah menggunakan Microsoft Excel mulai dari masa waktu pendaftaran, syarat-syarat pendaftaran yang diumumkan secara tertulis, pengisian formulir pendaftaran masih diisi secara langsung, seleksi berkas dilakukan dengan membawa langsung berkas ke pihak akademik yang bersangkutan, ujian seleksi dilakukan secara tertulis, dan pengumuman yang mencakup pendaftaran ulang, informasi pembayaran, informasi nomor induk mahasiswa, dan hasil ujian seleksi dilakukan dengan menghubungi langsung calon mahasiswa melalui via telepon atau SMS.
  1. Sistem yang diusulkan
Gambar 3.2 Arsitektur Sistem yang diusulkan
Sistem penerimaaan mahasiswa baru yang diusulkan pada STIMED Nusa Palapa akan dilakukan secara online mulai dari menampilkan informasi masa waktu pendaftaran, syarat-syarat pendaftaran, tahapan membuat akun untuk login, mengisi formulir, meng-upload berkas, pengisian formulir, seleksi berkas dilakukan dengan meng-upload semua berkas sesuai dengan ketentukan persyaratan yang ada, ujian seleksi TPA dan Bahasa Inggris dilakukan dengan metode me-random soal dan ujian seleksi hanya dilakukan dan berlangsung di kampus STIMED Nusa Palapa, hingga informasi pengumuman diantaranya hasil ujian seleksi, pembayaran, pendaftaran ulang, dan nomor induk mahasiswa.

  • Metode Penilitian
Dalam penulisan tugas akhir ini ada beberapa metode penilitian yang penulis lakukan untuk mewujudkan maksud dan tujuan dari tugas akhir ini. Adapun metode-metode tersebut adalah :
  1. Penelitian Kepustakaan
Penulis mencari referensi buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas, sehingga buku-buku tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyelesaian masalah pada proses pembuatan tugas akhir ini.
  1. Penelitian Lapangan
Dalam hal ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara bertanya langsung kepada admin yang terkait

  • Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data merupakan tahapan penting dalam proses penelitian, karena hanya dengan mendapatkan data yang tepat, maka proses penelitian akan berlangsung sampai peneliti mendapatkan jawaban dari rumusan masalah yang sudah ditetapkan. Data yang dicari harus sesuai dengan tujuan penelitian. Dengan adanya data yang diambil tersebut, sangat membantu dalam menghasilkan informasi yang diinginkan. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui :
  • Data primer
Data primer yaitu data yang dihasilkan atau dikumpulkan dari kampus STIMED Nusa Palapa. Pengumpulan data primer ini menggunakan metode studi lapangan yaitu:
  1. Wawancara
Wawancara yaitu data yang dikumpulkan dengan wawancara langsung dengan admin sebagai sumber informasi untuk memperoleh data yang diperlukan. Hasil wawancara dengan admin terdapat pada lampiran.
  1. Observasi
Observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung pada pengelolan data yang terjadi pada STIMED Nusa Palapa yang mencakup penerimaan mahasiswa baru. Dari hasil observasi ini penelitidapat mengetahui kendala yang sering terjadi saat Penerimaan mahasiswa baru serta kelemahan-kelemahan yang ada pada sistem yang sedang berjalan. Hasil observasi terdapat pada lampiran.

  • Data Sekunder
Data sekunder yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan darisumber-sumber yang telah ada baik berasal dari artikel dan berbagai sumber lain yang berhubungan dengan masalah yang peneliti sedang teliti. Pengumpulan data sekunder ini menggunakan metode dokumentasi yaitu pengumpulan data yang diperoleh dari sumber-sumber artikel yang diperoleh dari internet dan mempelajari atau membaca pendapat para ahli yang berhubungan dengan masalah yang diteliti untuk memperoleh landasan teori yang dapat menunjang penelitian serta dari catatan-catatan yang diberikan.

  • Alat Bantu Perancangan Aplikasi
Alat dan bahan yang digunakan untuk merancang dan membuat aplikasi adalah sebagai berikut :
  1. Perangkat keras komputer (hardware), yang terdiri atas :
  • Processor Intel Celeron 1.5 GHz
  • Harddisk 500 GB
  • Memori (RAM) 2 GB
  • Mouse
  1. Perangkat lunak komputer (software), yang terdiri atas :
  • Sistem Operasi Windows 7.
  • Adobe Dreamweaver
  • Sublime Text 2
  • XAMPP
  • MySQL
  • Bahasa Pemrograman HTML dan PHP
  • Web Browser Mozilla Firefox, Google Chrome
  1. Alat desain sistem, yang terdiri atas :
  • Usecase Diagram
  • Class Diagram
  • Activity Diagram
  • Deployment Diagram

  • Use Case Diagram
Gambar 3.3 Use Case
Diagram diatas memiliki dua aktor yaitu pengguna admin dan user. Hak akses admin adalah dapat dapat melakukan seluruh use case dengan kata lain dapat mengakses seluruh menu yang tersedia dalam aplikasi.
  1. Buat account hanya dilakukan oleh
  2. Login dapat dilakukan oleh semua aktor agar aktor dapat masuk kedalam sistem.
  3. Admin menampilkan informasi dan syarat-syarat pendaftaran.
  4. User melihat informasi dan syarat-syarat pendaftaran.
  5. Admin menampilkan form
  6. Mengisi form pendaftaran hanya dapat dilakukan oleh user.
  7. Hanya admin yang dapat mengelolah data berkas pendaftar.
  8. Menampilkan informasi ujian seleksi hanya dapat di lakukan oleh admin.
  9. Yang mengikuti ujian seleksi hanya pendaftar yang telah mengisi form pendaftaran dan telah memenuhi persyaratan yang telah di tentukan oleh pihak akademik.
  10. Setelah ujian seleksi admin hanya menampilkan pendaftar yang dinyatakan lulus, informasi pembayaran, informasi pendaftaran ulang dan nomor induk mahasiswa.
  11. Pendaftar yang dinyatakan lulus dapat melihat semua pengumuman yang ada.
    • Metode Pengujian Aplikasi
Pengujian dari aplikasi pembelajaran ini adalah untuk memastikan bahwa elemen-elemen atau komponen-komponen dari aplikasi telah berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Pengetesan perlu dilakukan untuk mencari kelemahan-kelemahan atau kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode black box testing.
Uji coba black box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya :
  1. Fungsi-fungsi yang salah atau hilang.
  2. Kesalahan
  3. Kesalahan performa.
    • Jadwal penelitian
Jadwal penelitian kegiatan ini dibuat dengan tujuan agar perancangan aplikasi dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
Tabel 3.1 Jadwal Penelitian
No JenisKegiatan April 2016 Mei 2016 Juni 2016 Juli 2016
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2
1 Pengumpulan Data                            
2 AnalisisAplikasi                            
4 DesainAplikasi                            
5 PengujianAplikasi                            
6 Implementasi                            



DAFTAR PUSTAKA

Abdul Kadir, 2013.  Buku Pintar Programmer Pemula PHP, Mediakom, Yogyakarta

Bunafit Nugroho. (2004), Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Gava Media, Yogyakarta.


Desi anwar, 2003;331 Kamus Bahasa Indonesia Terbaru. Amelia, Surabaya

Kusrini, 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. ANDI, Yogyakarta.

McClure Stuart, Shah Saunil, Shah Shreeraj, 2003, Web Hacking Serangan dan Pertahanannya, Andi, Yogyakarta

Nurjamal dan Sumirat, 2010:56. http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=20478  (diunduh pada tanggal 12 Mei 2016)

Pramono Andi, Syafii. M, 2005, Kolaborasi Flash, Dreamweaver dan PHP untuk Aplikasi Website, Andi Offset, Yogyakarta

Wahyu Gunawan, 2002. Menguasai Internet Plus Pembuatan Web, M2S Bandung.

Yulianto Agung Ardhian, 2009. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Polikteknik Telkom. Bandung.



Demikianlah Artikel Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019

Sekianlah artikel Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2018/12/contoh-proposal-aplikasi-penerimaan.html

Subscribe to receive free email updates: