Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019
Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel SEKOLAH, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019
link : Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019
PENDAHULUAN
Umumnya proses penerimaan calon mahasiswa baru yang terjadi pada perguruan tinggi STIMED Nusa Palapa mengalami keterbatasan pengolahan data yang masih diolah secara manual menggunakan Microsoft Excel yang dimulai dari masa waktu pendaftaran, syarat – syarat pendaftaran yang diumumkan secara tertulis, pengisian formulir yang masih diisi secara langsung, seleksi berkas yang membutuhkan STTB, SKHU, ijazah, foto berwarna ukuran 3×4 dan raport semester akhir dari setiap calon pendaftar mahasiswa baru masih di antar secara langsung ke pihak akademik yang bersangkutan, ujian seleksi yang masih dilakukan secara tertulis dan pengumuman yang mencakup pendaftaran ulang, informasi pembayaran, pengumuman nomor induk mahasiswa, dan hasil ujian seleksi masih dilakukan dengan menghubungi calon mahasiswa baru via telepon ataupun melalui SMS. Maka dengan Adanya Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online akan membantu mempercepat proses penerimaan mahasiswa tersebut.
Berdasarkan permasalahan diatas maka “Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIMED Nusa Palapa Secara Online” sangat dibutuhkan guna untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa dalam hal pendaftaran, juga dapat memudahkan admin dalam mendapatkan data lengkap mengenai data calon mahasiswa yang mendaftar karena data yang didapatkan akan tersimpan secara komputerisasi.
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini menjelaskan tentang latar belakang, rumusan maslah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian serta sistematika penulisan.
BAB II: LANDASAN TEORI
Dalam bab ini penulis menjelaskan teori-teori yang bersangkutan dengan masalah yang akan dibahas. Teori-teori tersebut yaitu membahas defenisi Implementasi, Web, Pemrograman PHP (Personal Home Page), dan Database MySQL.
BAB III: METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini berisi tentang perancangan system yang meliputi lokasi dan waktu penelitian, metode pengumpulan data, jenis dan sumber data.
BAB IV: ANALISIS DAN PERENCANGAN SISTEM
Bab ini berisi jenis perancangan, materi perancangan, alat perancangan, dan rancangan aplikasi.
BAB V: PENUTUP
Bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan perbaikan dimasa mendatang.
BAB II
LANDASAN TEORI
PHP adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis web yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman berbasis web yang lain (Andi Pramono & M.Syafii, 2005:2). PHP sendiri merupakan singkatan dari Personal Home Page Tools. Script ini akan membuat suatu aplikasi dapat diintegrasikan kedalam HTML sehingga suatu halaman web tidak lagi bersifat statis, namun bersifat dinamis. Sifat server-side berarti pengerjaan script akan dilakukan di server, baru kemudian hasilnya dikirimkan ke browser. Keunggulan yang dimiliki program PHP adalah :
Script PHP diawali dengan tag <? Kemudian diakhiri dengan tag ?>, setiap baris perintah atau statement harus diakhiri dengan menggunakan tanda titik koma(;). Peyimpanan nama file PHP menggunakan ekstensi (.php) sebagai standar.
Sublime text mendukung berbagai bahasa pemrograman dan mampu menyajikan sintaks highlight hampir disemua bahasa pemrograman yang didukung ataupun dikembangkan oleh komunitas seperti ; C, C++, C#, CSS, D, Dylan, Erlang, HTML, Groovy, Haskell, Java, Javascipt, LaTeX, Lisp, Lua, Markdown, MATLAB, OCaml, Perl, PHP, Python, R, Ruby, SQL, TCL, Textile, and XML. Biasanya bagi bahasa pemrograman yang didukung ataupun belum didukung secara default dapat lebih dimaksimalkan atau didukung dengan menggunakan add-ons yang bisa di-download sesuai kebutuhan user. Berikut beberapa fitur yang diunggulkan dari aplikasi Sublime Text:
Adapun jenis-jenis perangkat lunak basis data yang biasa digunakan yaitu: Microsoft SQL Server, Oracle, Microsoft Access, dbFast, MySQL, Interbase, dll. (Kusrini, 2007).
MySQL adalah multiuser database yang merupakan suatu relational database management system (RDBMS) client atau server yang berbasis SQL buatan T.C.X data consultab AB, swedia. Database MySQL tidak membutuhkan ruang hardisk yang besar untuk aplikasinya, dan mudah digunakan pada database server sangat ideal untuk aplikasi kecil dan menengah.
Tabel 2.1 Keterangan simbol-simbol pada diagram use case
Tabel 2.2 Keterangan simbol-simbol pada diagram class
Tabel 2.3 Keterangan simbol-simbol pada diagram Sequence
Tabel 2.4 Keterangan simbol-simbol pada diagram Activity
Tabel 2.5 Keterangan simbol-simbol pada diagram Deployment
Tahap pertama yang akan dilakukan yaitu teknik pengumpulan data
terhadap pihak akademi untuk melihat kemungkinan kebutuhan yang
diperlukan pada perancangan aplikasi yang akan dibuat nantinya. Untuk
model perancangan menggunakan star UML, selanjutnya akan di bangun menggunakan Sublime Text dan Adobe Dreamweaver dengan menggunakan bahasa pemograman PHP, basis data MySQL dan metode yang digunakan untuk melakukan pengujian yaitu black box testing, output sistem berupa website penerimaan mahasiswa baru.
Anda sekarang membaca artikel Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2018/12/contoh-proposal-aplikasi-penerimaan.html
Judul : Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019
link : Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019
Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019
BAB IPENDAHULUAN
- Latar Belakang
Umumnya proses penerimaan calon mahasiswa baru yang terjadi pada perguruan tinggi STIMED Nusa Palapa mengalami keterbatasan pengolahan data yang masih diolah secara manual menggunakan Microsoft Excel yang dimulai dari masa waktu pendaftaran, syarat – syarat pendaftaran yang diumumkan secara tertulis, pengisian formulir yang masih diisi secara langsung, seleksi berkas yang membutuhkan STTB, SKHU, ijazah, foto berwarna ukuran 3×4 dan raport semester akhir dari setiap calon pendaftar mahasiswa baru masih di antar secara langsung ke pihak akademik yang bersangkutan, ujian seleksi yang masih dilakukan secara tertulis dan pengumuman yang mencakup pendaftaran ulang, informasi pembayaran, pengumuman nomor induk mahasiswa, dan hasil ujian seleksi masih dilakukan dengan menghubungi calon mahasiswa baru via telepon ataupun melalui SMS. Maka dengan Adanya Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online akan membantu mempercepat proses penerimaan mahasiswa tersebut.
Berdasarkan permasalahan diatas maka “Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIMED Nusa Palapa Secara Online” sangat dibutuhkan guna untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa dalam hal pendaftaran, juga dapat memudahkan admin dalam mendapatkan data lengkap mengenai data calon mahasiswa yang mendaftar karena data yang didapatkan akan tersimpan secara komputerisasi.
- Rumusan Masalah
- Bagaimana meracang Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIMED Nusa Palapa secara
- Bagaimana proses membuat Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIMED Nusa Palapa secara Online menggunakan PHP dan MySQL
- Bagaimana menampilkan pengumuman yang dapat diakses secara online agar calon mahasiswa dapat terbantu dalam mendapatkan informasi pendaftaran.
- Batasan Masalah
- Aplikasi ini hanya menampilkan masa waktu pendaftaran, syarat – syarat pendaftaran, dan pengisian formulir.
- Pengumpulan berkas dilakukan dengan meng-upload hasil scan STTB, SKHU, Ijazah terakhir, pas foto berwarna ukuran 3×4, transkip nilai rapor semester akhir.
- Ujian tes TPA dan Bhs.Inggris dilakukan dengan menggunakan metode me-random soal dan ujian seleksi hanya di lakukan di lokasi kampus.
- Informasi pengumuman hasil ujian seleksi hanya menampilkan yang dinyatakan lulus.
- Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online ini hanya menampilkan pengumuman informasi pembayaran, informasi pendaftaran ulang, dan infomasi nomor induk mahasiswa,
- Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan basis data menggunakan
- Tujuan dan Manfaat Penelitian
- Tujuan Penelitian
- Manfaat Penelitian
- Calon mahasiswa lebih mudah untuk melakukan proses registrasi tanpa harus melakukan interaksi langsung dengan bagian administrasi karena informasi tersebut dapat diperoleh dengan melakukan pencarian data melalui komputer yang terkoneksi secara
- Memudahkan admin dalam mengelola data-data yang telah diinput oleh calon mahasiswa yang merupakan kebutuhan untuk proses pengolahan data.
- Penyimpanan data yang terstruktur dikarenakan Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online menggunakan database yang tersimpan didalam komputer.
- Sistematika Penulisan
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini menjelaskan tentang latar belakang, rumusan maslah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian serta sistematika penulisan.
BAB II: LANDASAN TEORI
Dalam bab ini penulis menjelaskan teori-teori yang bersangkutan dengan masalah yang akan dibahas. Teori-teori tersebut yaitu membahas defenisi Implementasi, Web, Pemrograman PHP (Personal Home Page), dan Database MySQL.
BAB III: METODOLOGI PENELITIAN
Dalam bab ini berisi tentang perancangan system yang meliputi lokasi dan waktu penelitian, metode pengumpulan data, jenis dan sumber data.
BAB IV: ANALISIS DAN PERENCANGAN SISTEM
Bab ini berisi jenis perancangan, materi perancangan, alat perancangan, dan rancangan aplikasi.
BAB V: PENUTUP
Bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan perbaikan dimasa mendatang.
BAB II
LANDASAN TEORI
- Sejarah Singkat Sekolah Tinggi Informatika dan Multimedia ( STIMED ) Nusa Palapa
- Tehnik informatika (10802), Strata Satu (S1) dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.3305/D/T/2006, tanggal 1 September 2006.
- Sistem Informasi (10804), Strata Satu (S1) Dengan Sk Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.3306/D/T/2006, tanggal 1 September 2006.
- Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru
- Pendaftaran
- Pendaftaran Online
- Tata Cara Pendaftaran Online
- Membuat account di situs penerimaan mahasiswa baru STIMED Nusa Palapa klik link Buat Account untuk login dan mengakses form
- Sebelum mengisi formulir terlebih dahulu calon mahasiswa baru diwajibkan untuk melakukan registrasi pembayaran pendaftaran.
- Setelah melakukan registrasi pembayaran, pendaftar atau calon mahasiswa bisa langsung mengisi formulir pendaftaran dan meng-upload berkas sesuai dengan persyaratan.
- Formulir yang telah diisi dan berkas yang ter-upload akan tersimpan secara komputerisasi, maka pendaftar tidak dapat lagi mengubah informasi data diri dan pilihan program studi.
- Setelah mengisi formulir, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian seleksi.
- Mengikuti ujian seleksi di kampus STIMED Nusa Palapa sesuai dengan waktu dan syarat yang telah ditentukan.
- Setelah mengikuti ujian seleksi, peserta dapat melihat pengumuman
kelulusan, pembayaran, pendaftaran ulang, dan nomor induk mahasiswa pada
website
- Seleksi Berkas
- Ujian Seleksi
- Pengumuman
- Web
- Prinsip Kerja Web
- Aplikasi Web
- Web Statis, biasanya dibentuk dengan menggunakan HTML saja, kekurangan yang paling menonjol terletak pada keharusan untuk memelihara program secara terus-menerus untuk mengikuti perubahan yang terjadi.
- Web dinamis, untuk membentuk web dinamis terdapat dua macam pengelompokan, yaitu:
- Teknologi pada sisi client, biasanya diimplementasikan dengan mengirim kode perluasan HTML atau program tersendiri dan HTML ke client. Kelemahan pada sistem sisi client adalah browser client tidak dapat mendukung fitur kode perluasan HTML. Yang termasuk teknologi pada sisi client adalah:
- Control Active
- Java Applet
- Java Script
- Teknologi pada sisi server memungkinkan pemrosesan kode didalam server sehingga kode yang sampai pada user berbeda dengan kode asli pada Yang termasuk teknologi pada sisi server adalah:
- Common Gatway Intervace (CGI)
- Properiotary web server (API)
- Active Server Pages (ASP)
- Server-Slide java script
- PHP
- Java Server Pages (JSP)
- HTML
- PHP
PHP adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis web yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman berbasis web yang lain (Andi Pramono & M.Syafii, 2005:2). PHP sendiri merupakan singkatan dari Personal Home Page Tools. Script ini akan membuat suatu aplikasi dapat diintegrasikan kedalam HTML sehingga suatu halaman web tidak lagi bersifat statis, namun bersifat dinamis. Sifat server-side berarti pengerjaan script akan dilakukan di server, baru kemudian hasilnya dikirimkan ke browser. Keunggulan yang dimiliki program PHP adalah :
- PHP memiliki tingkat akses yang lebih cepat
- PHP memiliki tingkat lifecycle yang cepat sehingga selalu mengikuti perkembangan teknologi internet.
- PHP memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.
- PHP mampu berjalan di beberapa server yang ada, misalnya Apache, Microsoft IIS, PWS, phttpd, fhttpd, dan Xitami.
- PHP mampu berjalan di Linux sebagai platform sistem operasi utama bagi PHP.
- PHP bersifat free atau gratis.
- Kelebihan PHP
- Mudah dibuat dan kecepatan tinggi.
- Dapat berjalan dalam web server yang berbeda dan dalam sistem operasi yang berbeda pula seperti UNIX, Windows98, Windows NT dan Macintosh.
- Diterbitkan secara gratis.
- Dapat berjalan pada web server Microsoft Personal Web Server, Apache, IIS, Xitami, dan sebagainya.
- Termasuk bahasa yang embedded (bisa ditempel atau diletakkan dalam tag HTML)
- PHP termasuk server-slide programing.
- PHP mendukung berbagai macam sistem database seperti oracle, Sybase, MySQL, Solid, Postgres SQL, dan Generic ODBC.
- PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan lain melalui protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3, dan lain-lain.
- Bahasa (Script) PHP
Script PHP diawali dengan tag <? Kemudian diakhiri dengan tag ?>, setiap baris perintah atau statement harus diakhiri dengan menggunakan tanda titik koma(;). Peyimpanan nama file PHP menggunakan ekstensi (.php) sebagai standar.
- XAMPP
- Sublime Text 2
Sublime text mendukung berbagai bahasa pemrograman dan mampu menyajikan sintaks highlight hampir disemua bahasa pemrograman yang didukung ataupun dikembangkan oleh komunitas seperti ; C, C++, C#, CSS, D, Dylan, Erlang, HTML, Groovy, Haskell, Java, Javascipt, LaTeX, Lisp, Lua, Markdown, MATLAB, OCaml, Perl, PHP, Python, R, Ruby, SQL, TCL, Textile, and XML. Biasanya bagi bahasa pemrograman yang didukung ataupun belum didukung secara default dapat lebih dimaksimalkan atau didukung dengan menggunakan add-ons yang bisa di-download sesuai kebutuhan user. Berikut beberapa fitur yang diunggulkan dari aplikasi Sublime Text:
- Goto Anything
- Multiple Selections
- Command Pallete
- Distraction Free Mode
- Split Editing
- Instant Project Switch
- Plugin API
- Customize Anything
- Cross Platform
- Adobe Dreamweaver
- Basis Data
Adapun jenis-jenis perangkat lunak basis data yang biasa digunakan yaitu: Microsoft SQL Server, Oracle, Microsoft Access, dbFast, MySQL, Interbase, dll. (Kusrini, 2007).
- MySQL
MySQL adalah multiuser database yang merupakan suatu relational database management system (RDBMS) client atau server yang berbasis SQL buatan T.C.X data consultab AB, swedia. Database MySQL tidak membutuhkan ruang hardisk yang besar untuk aplikasinya, dan mudah digunakan pada database server sangat ideal untuk aplikasi kecil dan menengah.
- Unified Modeling Language
- Use-case
Tabel 2.1 Keterangan simbol-simbol pada diagram use case
No | Nama dan Simbol | Keterangan | |
1. | Aktor | Menggambarkan tentang pelaku-pelaku yang berperan aktif dalam penggunaan sistem. | |
Use case | Menggambarkan bagian-bagian dari sistem yang saling bertukar pesan dengan sesama use case atau aktor, dan biasanya menggunakan kata kerja untuk penamaan use case diawal kata | ||
Association | Mengidentifikasikan interaksi aktor tertentu dan use case tertentu | ||
Generalization | Menggambarkan hubungan generalisasi dan spesialisasi (umum-khusus) antara dua buah use case dimana fungsi yang satu merupakan fungsi yang lebih umum dari lainnya, missal | ||
Dependency | relasi use case tambahan ke sebuah use case yang ditambahkan memerlukan use case ini untuk menjalankan fungsinya atau sebagai syarat dijalankan use case ini | ||
Dependency | Menggambarkan relasi use case tambahan ke sebuah use case, dimana use case yang ditambahkan dapat berdiri sendiri walau tanpa use case tambahan itu |
- Class diagram
Tabel 2.2 Keterangan simbol-simbol pada diagram class
No. | Nama dan Simbol | Keterangan |
1. | Class | Menggambarkan blok-blok pembangun pada pemrograman berbasis objek |
Association | Penghubung antar kelas | |
Aggregation | Menggambarkan bahwa satu kelas merupakan bagian dari suatu kumpulan | |
Generalization | Menggambarkan suatu turunan dengan mengasumsikan satu kelas merupakan super Class dari kelas lain |
- Sequence Diagram
Tabel 2.3 Keterangan simbol-simbol pada diagram Sequence
No. | Nama dan Simbol | Keterangan |
1. | Objek dan lifeline | Biasanya dinyatakan menggunakan kata benda di awal frase nama objek Lifeline, menyatakan kehidupan dari suatu objek. |
Message dan Waktu aktif | Menggambarkan suatu objek membuat objek yang lain yang ditandai dengan waktu aktif (kotak kuning), arah panah juga mengarah pada objek yang dibuat |
- Activity Diagram
Tabel 2.4 Keterangan simbol-simbol pada diagram Activity
No. | Nama dan Simbol | Keterangan |
1. | Status awal | Menggambarkan awal untuk memulai sebuah aktivitas(kegiatan) |
Aktfitas | Menggambarkan aktivitas yang dilakukan oleh sistem | |
Decision | Menggambarkan percabangan dimana jika ada pilihan aktivitas lebih dari satu | |
Swimlane | Memisahkan organisasi bisnis yang bertanggungjawab terhadap aktivitas yang terjadi | |
Synchronization | Menggambarkan penggabungan dimana jika ada aktivitas yang lebih dari satu ingin digabungkan menjadi satu | |
Status akhir | Menggambarkan akhir untuk menutup kegiatan(kegiatan) |
- Deployment Diagram
Tabel 2.5 Keterangan simbol-simbol pada diagram Deployment
No. | Nama dan Simbol | Keterangan |
1. | Package | Menggambarkan sebuah bungkusan dari satu atau lebih node |
Node | Biasanya mengacu pada perangkat keras, perangkat lunak yang tidak dibuat sendiri | |
Dependency | Merupakan kebergantungan antar node |
Umumnya proses penerimaan calon mahasiswa baru yang terjadi pada perguruan tinggi STIMED Nusa Palapa mengalami keterbatasan pengolahan data yang diolah secara manual menggunakan Microsoft Excel dimulai dari masa waktu pendaftaran, syarat – syarat pendaftaran yang diumumkan secara tertulis, pengisian formulir diisi secara langsung, pengumpulan berkas pendaftar masih secara langsung disetor ke pihak akademik, ujian seleksi dilakukan secara tertulis, pengumuman informasi pembayaran, nomor induk mahasiswa, dan hasil ujian seleksi dilakukan dengan menghubungi calon mahasiswa baru via telepon ataupun melalui SMS. |
- Kerangka Pikir
Melihat permasalahan yang ada, maka akan dibangun sebuah Aplikasi Web Penerimaan Mahasiswa Baru. Aplikasi ini akan di gunakan oleh calon mahasiswa baru untuk mendaftar, mengisi formulir, menyetor berkas, mengikuti ujian seleksi secara online, syarat ujian seleksi dilakukan secara me-random soal dan memudahkan pendaftar dalam melihat pengumuman pendaftaran ulang, registrasi pembayaran dan melihat nomor induk peserta bagi yang dinyatakan lulus, Serta memberi kemudahan bagi admin akademik untuk melakukan pengelolaan data pendaftar. |
Implementasi aplikasi yang diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pihak akademi dan calon pendaftar. |
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
Sistem penerimaan mahasiswa baru yang sedang berjalan pada STIMED Nusa Palapa masih dilakukan secara manual yaitu data pendaftar yang ada diolah menggunakan Microsoft Excel mulai dari masa waktu pendaftaran, syarat-syarat pendaftaran yang diumumkan secara tertulis, pengisian formulir pendaftaran masih diisi secara langsung, seleksi berkas dilakukan dengan membawa langsung berkas ke pihak akademik yang bersangkutan, ujian seleksi dilakukan secara tertulis, dan pengumuman yang mencakup pendaftaran ulang, informasi pembayaran, informasi nomor induk mahasiswa, dan hasil ujian seleksi dilakukan dengan menghubungi langsung calon mahasiswa melalui via telepon atau SMS.
Sistem penerimaaan mahasiswa baru yang diusulkan pada STIMED Nusa Palapa akan dilakukan secara online mulai dari menampilkan informasi masa waktu pendaftaran, syarat-syarat pendaftaran, tahapan membuat akun untuk login, mengisi formulir, meng-upload berkas, pengisian formulir, seleksi berkas dilakukan dengan meng-upload semua berkas sesuai dengan ketentukan persyaratan yang ada, ujian seleksi TPA dan Bahasa Inggris dilakukan dengan metode me-random soal dan ujian seleksi hanya dilakukan dan berlangsung di kampus STIMED Nusa Palapa, hingga informasi pengumuman diantaranya hasil ujian seleksi, pembayaran, pendaftaran ulang, dan nomor induk mahasiswa.
Diagram diatas memiliki dua aktor yaitu pengguna admin dan user. Hak akses admin adalah dapat dapat melakukan seluruh use case dengan kata lain dapat mengakses seluruh menu yang tersedia dalam aplikasi.
Uji coba black box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya :
Tabel 3.1 Jadwal Penelitian
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Kadir, 2013. Buku Pintar Programmer Pemula PHP, Mediakom, Yogyakarta
Bunafit Nugroho. (2004), Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Gava Media, Yogyakarta.
Desi anwar, 2003;331 Kamus Bahasa Indonesia Terbaru. Amelia, Surabaya
Kusrini, 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. ANDI, Yogyakarta.
McClure Stuart, Shah Saunil, Shah Shreeraj, 2003, Web Hacking Serangan dan Pertahanannya, Andi, Yogyakarta
Nurjamal dan Sumirat, 2010:56. http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=20478 (diunduh pada tanggal 12 Mei 2016)
Pramono Andi, Syafii. M, 2005, Kolaborasi Flash, Dreamweaver dan PHP untuk Aplikasi Website, Andi Offset, Yogyakarta
Wahyu Gunawan, 2002. Menguasai Internet Plus Pembuatan Web, M2S Bandung.
Yulianto Agung Ardhian, 2009. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Polikteknik Telkom. Bandung.
METODOLOGI PENELITIAN
- Lokasi Penelitian
- Sistem yang sedang berjalan
Sistem penerimaan mahasiswa baru yang sedang berjalan pada STIMED Nusa Palapa masih dilakukan secara manual yaitu data pendaftar yang ada diolah menggunakan Microsoft Excel mulai dari masa waktu pendaftaran, syarat-syarat pendaftaran yang diumumkan secara tertulis, pengisian formulir pendaftaran masih diisi secara langsung, seleksi berkas dilakukan dengan membawa langsung berkas ke pihak akademik yang bersangkutan, ujian seleksi dilakukan secara tertulis, dan pengumuman yang mencakup pendaftaran ulang, informasi pembayaran, informasi nomor induk mahasiswa, dan hasil ujian seleksi dilakukan dengan menghubungi langsung calon mahasiswa melalui via telepon atau SMS.
- Sistem yang diusulkan
Sistem penerimaaan mahasiswa baru yang diusulkan pada STIMED Nusa Palapa akan dilakukan secara online mulai dari menampilkan informasi masa waktu pendaftaran, syarat-syarat pendaftaran, tahapan membuat akun untuk login, mengisi formulir, meng-upload berkas, pengisian formulir, seleksi berkas dilakukan dengan meng-upload semua berkas sesuai dengan ketentukan persyaratan yang ada, ujian seleksi TPA dan Bahasa Inggris dilakukan dengan metode me-random soal dan ujian seleksi hanya dilakukan dan berlangsung di kampus STIMED Nusa Palapa, hingga informasi pengumuman diantaranya hasil ujian seleksi, pembayaran, pendaftaran ulang, dan nomor induk mahasiswa.
- Metode Penilitian
- Penelitian Kepustakaan
- Penelitian Lapangan
- Metode Pengumpulan Data
- Data primer
- Wawancara
- Observasi
- Data Sekunder
- Alat Bantu Perancangan Aplikasi
- Perangkat keras komputer (hardware), yang terdiri atas :
- Processor Intel Celeron 1.5 GHz
- Harddisk 500 GB
- Memori (RAM) 2 GB
- Mouse
- Perangkat lunak komputer (software), yang terdiri atas :
- Sistem Operasi Windows 7.
- Adobe Dreamweaver
- Sublime Text 2
- XAMPP
- MySQL
- Bahasa Pemrograman HTML dan PHP
- Web Browser Mozilla Firefox, Google Chrome
- Alat desain sistem, yang terdiri atas :
- Usecase Diagram
- Class Diagram
- Activity Diagram
- Deployment Diagram
- Use Case Diagram
Diagram diatas memiliki dua aktor yaitu pengguna admin dan user. Hak akses admin adalah dapat dapat melakukan seluruh use case dengan kata lain dapat mengakses seluruh menu yang tersedia dalam aplikasi.
- Buat account hanya dilakukan oleh
- Login dapat dilakukan oleh semua aktor agar aktor dapat masuk kedalam sistem.
- Admin menampilkan informasi dan syarat-syarat pendaftaran.
- User melihat informasi dan syarat-syarat pendaftaran.
- Admin menampilkan form
- Mengisi form pendaftaran hanya dapat dilakukan oleh user.
- Hanya admin yang dapat mengelolah data berkas pendaftar.
- Menampilkan informasi ujian seleksi hanya dapat di lakukan oleh admin.
- Yang mengikuti ujian seleksi hanya pendaftar yang telah mengisi form pendaftaran dan telah memenuhi persyaratan yang telah di tentukan oleh pihak akademik.
- Setelah ujian seleksi admin hanya menampilkan pendaftar yang dinyatakan lulus, informasi pembayaran, informasi pendaftaran ulang dan nomor induk mahasiswa.
- Pendaftar yang dinyatakan lulus dapat melihat semua pengumuman yang ada.
- Metode Pengujian Aplikasi
Uji coba black box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya :
- Fungsi-fungsi yang salah atau hilang.
- Kesalahan
- Kesalahan performa.
- Jadwal penelitian
Tabel 3.1 Jadwal Penelitian
No | JenisKegiatan | April 2016 | Mei 2016 | Juni 2016 | Juli 2016 | ||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | ||
1 | Pengumpulan Data | ||||||||||||||
2 | AnalisisAplikasi | ||||||||||||||
4 | DesainAplikasi | ||||||||||||||
5 | PengujianAplikasi | ||||||||||||||
6 | Implementasi |
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Kadir, 2013. Buku Pintar Programmer Pemula PHP, Mediakom, Yogyakarta
Bunafit Nugroho. (2004), Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Gava Media, Yogyakarta.
Desi anwar, 2003;331 Kamus Bahasa Indonesia Terbaru. Amelia, Surabaya
Kusrini, 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. ANDI, Yogyakarta.
McClure Stuart, Shah Saunil, Shah Shreeraj, 2003, Web Hacking Serangan dan Pertahanannya, Andi, Yogyakarta
Nurjamal dan Sumirat, 2010:56. http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=20478 (diunduh pada tanggal 12 Mei 2016)
Pramono Andi, Syafii. M, 2005, Kolaborasi Flash, Dreamweaver dan PHP untuk Aplikasi Website, Andi Offset, Yogyakarta
Wahyu Gunawan, 2002. Menguasai Internet Plus Pembuatan Web, M2S Bandung.
Yulianto Agung Ardhian, 2009. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Polikteknik Telkom. Bandung.
Demikianlah Artikel Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019
Sekianlah artikel Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Contoh Proposal Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2018/12/contoh-proposal-aplikasi-penerimaan.html