IKLAN

Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya

Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANDROID, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya
link : Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya

Baca juga


Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya

Freeandroid10.comWannacry Yang Membuat ‘Wanna Cry’ dan Cara Mengatasinya

Sejarah Ransomware WannaCry

 dunia sedang dihebohkan dengan serangan virus yang berjulukan ransomware WannaCry Wannacry Yang Membuat ‘Wanna Cry’ dan Cara Mengatasinya

Source - anjarpinem

Beberapa waktu belakangan ini, dunia sedang dihebohkan dengan serangan virus yang berjulukan ransomware WannaCry. Sejak 12 Mei 2017, diperkirakan 230.000 komputer di lebih dari 150 negara telah terkena serangan ganas ini, termasuk Indonesia. Berdasarkan keterangan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Wanna Cry Ransomware menyerang sistem IT Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Di Inggris, sudah ada 16 rumah sakit yang tutup alasannya sistemnya diserang oleh virus yang disebar secara acak ini. Virus ini merusak data pasien dan mengganggu pelayanan rumah sakit. Korban paling banyak memang sistem rumah sakit alasannya beroperasi selama 24 jam. Selain itu, perusahaan Telefonica di Spanyol, FedEx, dan Deutsche Bahn juga terkena serangan ransomware ini.

Ransomware cryptoworm berjulukan WannaCry menyerang komputer dengan sistem operasi Windows dengan mengenkripsi data. WannaCry berkembang melalui jaringan lokal dan internet ke sistem komputer yang belum diperbarui dengan pembaruan keamanan, sampai menginfeksi secara eksklusif semua sistem yang terdedah.

Saat komputer yang terinfeksi dinyalakan, akan muncul pesan meminta uang tebusan dari WannaCry. Korban diminta untuk membayar tebusan sebesar USD300 atau 4 juta rupiah ke alamat Bitcoinmilik ransomware ini. WannaCry memperlihatkan tenggat waktu pembayaran, denda tebusan sanggup naik jikalau korban belum membayar juga. 


Sebenarnya, Microsoft telah mengeluarkan upaya pencegahan pada 14 Maret 2017 untuk menyingkirkan kelemahan dari sistem tersebut, 2 bulan sebelum terjadinya serangan. Namun, belum banyak institusi yang mengaplikasikannya. Komputer yang masih memakai sistem lama, ibarat Windows XP dan Windows Server 2003, yang paling riskan terkena serangan WannaCry. Namun, sehari sesudah serangan, Microsoft mengambil langkah yang tidak biasa dengan merilis pembaruan untuk sistem operasi ini. Oleh alasannya itu, hampir semua korban serangan WannaCry yakni komputer yang memakai Windows 7 dan sistem operasi yang lebih gres dari Windows 7. 

Upaya Penanggulangan Serangan WannaCry di Dunia

 dunia sedang dihebohkan dengan serangan virus yang berjulukan ransomware WannaCry Wannacry Yang Membuat ‘Wanna Cry’ dan Cara Mengatasinya

Source - jalantikus
Sebenarnya, National Security Agency (NSA) telah menemukan kelemahan sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft di masa lalu. Namun, bukannya menginformasikannya pada Microsoft, NSA justru membangun sistem EternalBlue exploit untuk pekerjaan ofensif mereka sendiri. Hanya sesudah keberadaan acara ini diungkapkan oleh The Shadow Brokers, Microsoft menyadari info tersebut dan sanggup menghasilkan pembaruan keamanan.

Tidak usang sesudah dimulainya serangan, seorang peneliti keamanan web yang mempunyai blog MalwareTech menemukan cara yang efektif berjulukan “kill switch“ untuk menahan serangan WannaCry dengan mendaftar nama domain yang ia temukan pada arahan ransomware. Perangkat lunak tersebut mengandung URL, yang saat ditemukan dan didaftarkan oleh peneliti tersebut untuk melacak acara dari mesin yang terinfeksi, menjadi “kill switch“ yang mematikan perangkat lunak tersebut dan menghentikan penyebaran ransomware. Hal ini sangat membantu menurunkan penyebaran infeksi. Para peneliti juga menemukan cara untuk mengembalikan data dari mesin yang terinfeksi dalam kondisi tertentu.

Dalam empat hari, para jago keamanan dunia siber menyampaikan bahwa sebagian besar organisasi telah mengaplikasikan pembaruan dan nanah gres sudah semakin lambat penyebarannya. 

Langkah-Langkah Menangani Serangan Virus Ransomware WannaCry


Source - caraku

Ransomware WannaCry menyerang PC berbasis Windows yang mempunyai kelemahan pada fungsi server message block (SMB)-nya. Saat komputer terkena serangan, virus akan mengunci komputer korban atau mengenkripsi semua file yang ada di komputer sehingga tidak sanggup diakses. Setelah itu muncul pesan seruan tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin.
Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan bagi organisasi atau perusahaan yang memakai Windows sebagai sistem operasinya untuk mencegah terinfeksi WannaCry.

1.       Melakukan pembaruan keamanan pada Windows dengan menginstal Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh Microsoft di homepage-nya. Kunjungi https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx untuk teknisnya.
2.       Tidak mengaktifkan fungsi macros.
3.       Menonaktifkan fungsi SMB v1.
4.       Mengeblok 139/445 & 3389 Ports
5.       Selalu mem-back upfile-file penting di computer dan menyimpannya di daerah lain.

Institusi yang terinfeksi ransomware WannaCry harus memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi supaya sanggup menghentikan penyebaran WannaCry ke komputer lain yang rentan terinfeksi.

Koneksi internet melalui WiFi menjadi jalan ransomware ini menyerang komputer Kamu. Jadi, pastikan jaringan WiFi yang terkoneksi dengan komputer aman. Jika memakai modem WiFi, pastikan kuota data selalu tersedia supaya Windows dan antivirus sanggup melaksanakan pembaruan secara otomatis untuk melindungi komputer Kamu melalui sambungan ke internet.
Kalaupun kuota habis, Kamu sanggup segera mengisi ulang pulsa secara online di link ini atau di aplikasi Traveloka. Memang, beberapa e-commerce sekarang sudah merambah penjualan pulsa, Traveloka yakni salah satu contohnya.

Adapun proses pengisian ulang pulsanya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengakses aplikasi biro perjalanan tersebut pada bab konektivitas, kemudian tinggal mengetikkan nomor kartu pada modem WiFi atau ponsel yang Kamu gunakan untuk tethering, dan menentukan produk berupa Top-Up atau Data Package.

Setelah kuota data terisi, Kamu sanggup menentukan paket data internet yang paling sesuai supaya sanggup terkoneksi dengan internet. Perbarui selalu sistem keamanan komputer Kamu dengan mengatur sistem pembaruan Windows dan mengunduh serta menginstal aplikasi antivirus yang cukup hkamul untuk mencegah nanah aneka macam virus malware.


Jadi, apakah Kamu sudah mengambil langkah antisipasi untuk menghadapi serangan ransomware ini? Atau malah komputer Kamu sudah terkunci akhir serangan virus? Tidak perlu panik. Hubungi nomor telepon 021 31925551, 021 31935556 (nomor ID-SIRTII) untuk mengatasinya.


Demikianlah Artikel Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya

Sekianlah artikel Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2020/04/wannacry-yang-menciptakan-wanna-cry-dan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wannacry Yang Menciptakan ‘Wanna Cry’ Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar