IKLAN

Pemrograman Java dan Contoh Program

Pemrograman Java dan Contoh Program - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pemrograman Java dan Contoh Program, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel APLIKASI, Artikel JAVA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pemrograman Java dan Contoh Program
link : Pemrograman Java dan Contoh Program

Baca juga


Pemrograman Java dan Contoh Program

 

 Image result for JAVA

Apa itu programming

Jadi sebelum kta masuk dan mempelajari lebih dalam tentang suatu bahsa pemrograman, kita harus mengetahui apa itu pengertian Programming. Programming merupakan sebuah proses menulis (menciptakan code) melalui suatu Bahasa tertentu yang nantinya akan menjadi sebuah program yang bisa dijalankan untuk memerintahkan sebuah komputer sesuai dengan kehendak programmer dalam program tersebut.
Seperti yang kita ketahui, pemrosesan komputer yang sangat cepat tersebut tidaklah dapat berjalan dengan sendirinya. Karena sesungguhnya komputer hanya dapat bekerja jika menerima perintah dan memproses perintah sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sebuah komputer dapat berjalan dengan baik jika ia di program dengan baik. Salah algoritma akan meneyebabkan program tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan kita bahkan tidak akan bisa berjalan sama sekali (error).

Apa itu Java?

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek 'object oriented programming (OOP)' yang memfokuskan desain pemrograman pada objek dan class. Java merupakan bahsa pemrograman yang case sensitive, jadi penulisan tidak boleh sembarangan saat menuliskan perintah. Dasar-dasar OOP meliputi istilah class, object, attribute, method.

  • Class: adalah model dari suatu objek yang menjelaskan karakteristik (sifat) serta fungsi yang dimiliki dari suatu objek, Class merupakan wadah (tempat) yang digunakan untuk menciptakan suatu objek. Dengan kata lain sebuah Class merupakan blueprint dari suatu objek.
  • Object: Setiap objek selalu memiliki suatu keadaan (state) dan behaviour yang dapat mengubah state tersebut. Contoh: manusia memiliki state: umur, tinggi, berat badan, dan sebagainya. Behaviour yang dimiliki oleh manusia dapat berupa: makan, tidur, bekerja, menua, dan sebagainya.
  • Attribute: adalah elemen data dari suatu class. Atribut menyimpan informasi tentang class, atribut dapat diartikan sebagai data, variable, properti atau sebuah field.
  • Method: adalah sebuah fungsi dalam suatu class, setiap method mempunyai tugas masing-masing, ada dua jenis method dalam bahasa Java yaitu void dan non void method. Void method adalah method yang tidak mengembalikan nilai, sedangkan non void method adalah method yang mengembalikan nilai.





Sistematika Programming 

Ini adalah bagian dimana kita harus memahami tentang sistematika pemrograman, Jadi Setelah kita menuliskan banyak code pemrograman (untuk dijadikan sebuah program) dengan program / aplikasi compiler, Bahasa pemrograman tersebuta akan diterjemahkan kedalam Bahasa mesin yang bisa dimnegerti oleh komputer.
Apabila program yang dituliskan sudah benar maka komputer akan bekerja sesuai dengan perintah yang kita tuliskan .

Tentang sintaks Java yang harus diketahui:

  • Case Sensitive: adalah metode yang membedakan penulisan huruf besar dan kecil. Contoh: penulisan Hello dan hello dalam bahasa Java mempunyai arti yang berbeda.
  • Nama Class: semua nama class di Java harus diawali dengan huruf kapital.
    Atau jika nama class memiliki lebih dari satu kata, setiap kata harus diawali dengan huruf kapital.
    Contoh: class HelloWorld
  • Nama Program: nama program harus sama dengan nama class.
    Contoh: jika kita membuat program dengan nama class HelloWorld maka kita harus menyimpannya dengan nama HelloWorld.java
  • Nama Method: nama method harus diawali dengan huruf kecil.
    Atau jika nama method memiliki lebih dari satu kata, kata kedua dan seterusnya harus diawali dengan huruf besar (kapital).
    Contoh: public void iniMethodSaya()
  • public static void main(String[] args) - merupakan main() method yang akan di eksekusi sebagai main program atau program utama dan setiap program Java harus memiliki main() method.

Java Identifiers:

Dalam Java, identifier adalah nama yang diberikan untuk variabel, class dan method.
  • Identifier hanya boleh dimulai dengan huruf (A-Z atau a-z), menggunakan underscore _ dan tanda dollar $.
  • Java key word tidak bisa digunakan sebagai nama identifier.
  • Perlu diingat identifier itu case sensitive.
  • Contoh yang benar menulis identifier: $namavariabel, nama_variabel, $nama_variabel
  • Contoh yang salah menulis identifier: 123namavariabel, -nama_variabel



CONTOH SCRIPT APLIKASI SEDERHANA MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

 



Demikianlah Artikel Pemrograman Java dan Contoh Program

Sekianlah artikel Pemrograman Java dan Contoh Program kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pemrograman Java dan Contoh Program dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2018/11/pemrograman-java-dan-contoh-program.html

Subscribe to receive free email updates: