IKLAN

5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari

5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KOMPUTER, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari
link : 5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari

Baca juga


5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari

Tutorial Cuy - Siapa yang tidak mengenal Google Translate (https://translate.google.com). Bagi mereka yang sering menerjemahkan atau alih bahasa maka tool penerjemah berbasis online ini sangat sering dikunjungi. Lalu, apakah Google Translate hanya berfungsi untuk menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain? Ternyata tidak kawan, berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna Google Translate, ternyata ada 5 Manfaat Google Translate yang Tidak Disadari banyak orang. Dan kalau kita lebih smart dan kreatif memanfaatkan salah satu akomodasi penerjemah otomatis dan tercepat dari Google tersebut, ada banyak laba yang sanggup kita peroleh. 

Dulu, waktu masih zaman jadul, ketika berguru Bahasa Inggris di sekolah, untuk menerjemahkan teks atau paragraf, kita hanya mengandalkan kamus terjemahan yang tebalnya minta ampun. Melihatnya ajah bikin nyesek! Lalu, seiring berjalannya waktu, muncullah translator elektronik mirip kalkulator. Walau belum bisa menerjemahkan satu kalimat/paragraf, keberadaannya dirasakan lebih efektif dibanding kamus yang berbentuk buku. Namun, tetap saja, masih terbatas. 

Lambat laun, peradaban insan semakin meningkat. Teknologi-teknologi gres ditemukan termasuk kamus online dan software-software penerjemah. Saya tidak ingin menyebutkan semuanya alasannya saya yakin sobat-sobat pembaca pun sudah tahu (silahkan searching di om Google). Lagipula, saya hanya ingin fokus pada satu produk Google yang saya anggap mumpuni untuk hal "menerjemahkan" atau "alih bahasa", yakni Google Translate

Terlepas dari banyaknya keluhan ihwal kualitas terjemahan Google, contohnya susunan kalimat yang kurang tepat, pilihan kata yang tidak sesuai, hingga tata bahasa (grammar) yang seringkali masih acak-acakan, saya yakin belum ada yang bisa menyaingi performa Google Translate hingga dikala ini kalau dilihat secara keseluruhan. Mengapa demikian? Ternyata, tanpa kita sadari, ada banyak kemampuan yang dimiliki Google Translate diluar dugaan kita semua. Apakah Anda termasuk? 

Nah, untuk menunjukan apa betul Google Translate mempunyai kemampuan mumpuni yang jarang disadari banyak orang? Coba amati dan perhatikan secara seksama 5 manfaat Google Translate yang terangkum di uraian berikut ini!

1. Google Translate bisa menerjemahkan Paragraf ke Sejumlah Bahasa

Jika hanya mengandalkan kamus biasa, baik itu kamus cetak, kamus offline (yang bisa diinstal di ponsel atau di laptop), atau kamus online biasa, maka kita hanya bisa menerjemahkan kata per kata. Padahal, di kurun yang serba mobile seperti sekarang, kita butuh akomodasi yang bisa menerjemahkan hingga banyak kata (beberapa paragraf). Nah, ternyata Google Translate bisa menerjemahkan paragraf hingga 5000 karakter. 

Hal tersebut tentu saja memudahkan kita melaksanakan alih bahasa. Hebatnya lagi, hasil terjemahan meliputi bermacam-macam bahasa terkenal di dunia, termasuk bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Perancis, Jerman, Arab, Jepang, China, dsb. 

Caranya pun relatif sangat mudah. Paragraf yang tersimpan di Microsoft Word sanggup di copy dan paste ke ruang terjemahan bahasa asal (terletak di sebelah kiri) di situs Google Translate. Lalu tentukan jenis bahasa tujuan. Lalu, klik terjemahkan (translate). Jika jaringan internet mendukung, maka tidak terlalu usang sehabis itu, hasil terjemahan telah muncul di area sebelah kanan.


2. Memperkaya Informasi Kosakata, Sinonim dan Kelas Kata

Teks (kata) yang telah selesai diterjemahkan di Google Translate akan menampilkan beberapa informasi. Di bab kiri bawah, Google Translate menyediakan contoh-contoh kalimat. Sedangkan di bab kanan bawah, user  dimanjakan dengan informasi persamaan (sinonim) kata, lengkap dengan kelas katanya. Jadi, secara tidak langsung, user memperoleh ilmu tambahan. 

Selanjutnya, bagi user yang menerjemahkan paragraf, Google Translate menawarkan opsi untuk mengganti kata-kata yang dianggap kurang sesuai/tepat pada tampilan terjemahan (di bahasa tujuan). Caranya, user meng-klik kalimat atau kata tersebut, kemudian menentukan terjemahan alternatif. Jika masih kurang memuaskan, user bahkan sanggup berpartisipasi dengan menambahkan kata yang dianggap lebih tepat. 


3. Mengajarkan Pronunciation sesuai Penutur Asli

Setelah melaksanakan proses alih bahasa, pada umumnya user hanya melaksanakan copy paste dan meninggalkan Google Translate begitu cepat. Padahal, ada akomodasi yang sayang sekali kalau diabaikan dan tidak dimanfaatkan. Dan kalau acara ini dijadikan kebiasaan, maka user mempunyai kesempatan untuk menaikkan level kompetensinya dalam berbahasa asing.  

Dalam hal ini, Google Translate menyediakan akomodasi berupa "listen" atau "mendengarkan" kata, kalimat, atau paragraf hanya dengan meng-klik icon "speaker/audio" di bab bawah box terjemahan.

Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin berlatih mengucapkan kata-kata bahasa Asing dengan benar, sesuai kaidah dan style penutur orisinil (native speaker). Atau barangkali, ada adik-adik pelajar/mahasiswa yang mempunyai kiprah dari dosen untuk membaca teks berbahasa Asing (misalnya bahasa Inggris). Manfaatkanlah akomodasi ini! Dengarkan berulang-ulang bagaimana penutur orisinil membaca teks tersebut, kemudian ikuti hingga benar-benar fasih. 

Begitu pun mereka yang sedang mengikuti lomba pidato bahasa Inggris, atau akan presentase di depan kelas memakai bahasa asing, silahkan input teks-teks pidato atau presentasenya di google Translate, kemudian dengarkan bagaimana teks tersebut dituturkan sesuai karakteristik penutur asli. Coba renungkan! betapa mudahnya berguru mengucapkan kata demi kata bahasa Asing berkat kehadiran Google Translate. Dan semua bisa melakukannya, asal ada perangkat (laptop, ponsel, PC) dan jaringan internet!


4. Mengajarkan Membaca Teks Bahasa dengan Intonasi yang Baik

Sobat pembaca yang budiman, manfaat ke-4 dari Google Translate yang terkadang kita tidak sadari yakni adanya kemampuan untuk membaca teks dengan intonasi yang baik, mirip pembaca isu atau presenter TV. Kalau tidak percaya atau belum pernah mencoba sama sekali, saya pikir tidak ada salahnya dikala ini bukalah link Google Translate dan buktikan sendiri! Silahkan masukkan teks ber-bahasa Indonesia dan klik icon "audio"!

Jika kalian pernah mendengarkan video-video isu amatiran di YouTube dengan bunyi narator yang sedikit kaku, maka cobalah dengarkan baik-baik! Bandingkan dengan bunyi narator di Google Translate! Sama bukan? 

Meskipun saya pikir kegiatan merekam bunyi narator Google Translate kemudian menjadikannya sebagai narator video isu di YouTube kurang profesional (entah itu diizinkan Google atau tidak), tidak sedikit yang memanfaatkan celah ini. Dan berdasarkan saya pribadi, bunyi narator Google Translate sebaiknya cukup dijadikan sebagai permodelan. 

Terlepas dari hal tersebut, setidaknya teman pembaca newbie sanggup lebih tahu ihwal manfaat Google Translate yang tidak pernah kita sadari. 

5. Menginspirasi Programmer dan Pengembang Aplikasi Terjemahan

Terakhir, keberadaan Google Translate sanggup juga menawarkan manfaat sampingan bagi mereka yang berprofesi sebagai programmer dan pengembang aplikasi. Ide-ide untuk menciptakan aplikasi serupa dengan akomodasi lebih baik terbuka lebar. Siapa tahu, kelak di masa depan, Google tertarik untuk membeli aplikasi tersebut dan memasangnya sebagai pengganti atau penyempurna Google Translate. Siapa tahu!

Apalagi bagi adik-adik pelajar atau mahasiswa yang sedang menimba ilmu di ilmu programming, silahkan terus berinovasi dan membuatkan diri. Jadikan, aplikasi-aplikasi dan fitur-fitur canggih di internet, mirip Google Translate sebagai wangsit dalam menghasilkan temuan-temuan gres yang bermanfaat bagi umat manusia. 

Jika berhasil mewujudkan ide tersebut, dan butuh valunteer untuk mengujicobanya, saya membuka diri dengan bahagia hati. Selamat berkarya!


Demikianlah Artikel 5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari

Sekianlah artikel 5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2016/11/5-manfaat-google-translate-yang-tidak.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Google Translate Yang Tidak Disadari"

Posting Komentar