IKLAN

Tips Menyimpan Final File di Coreldraw

Tips Menyimpan Final File di Coreldraw - Hallo sahabat TUTORIAL CUY, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Menyimpan Final File di Coreldraw, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel CORELDRAW, Artikel EDITING, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Menyimpan Final File di Coreldraw
link : Tips Menyimpan Final File di Coreldraw

Baca juga


Tips Menyimpan Final File di Coreldraw


Berikut ini beberapa tips dalam menyimpan final file sebelum kita bawa ke percetakan :

1. Perhatikan Masalah FONTS

Seringkali kita mengalami missing font ketika akan mencetak, karena kadang kala font yang kita punya belum tentu dimiliki oleh percetakan tersebut. Untuk menghindari missing font maka ada 2 cara :
A) Men-Convert to Curve yaitu merubah font menjadi kurva
convert to curve
Klik Text dan kemudian tekan Convert To Curve (CTRL + Q)
( - ) Kelemanan : cara ini adalah font tersebut akan menjadi curva dan tidak bisa diedit text kembali.
( + ) Kelebihan : anda tidak perlu repot - repot membawa / mencari fonts apa saja yang dibutuhkan.
B) Membawa Font yang Diperlukan
Cara ini agak ribet, yaitu dengan mencari dan membawa font - font apa saja yang dibutuhkan untuk di instal di percetakan tersebut. Cara instal font ada disini.
( - ) Kelemanan : Sedikit ribet karena harus mencari fonts yang dibutuhkan.
( + ) Kelebihan : Bisa di edit ulang jika sewaktu akan dicetak ada kesalahan penulisan.
Butuh Fonts untuk pembuatan Free Fonts Undangan dan DVD Font Collections

2. Perhatikan masalah Compabilitas Files

Compabilitas file ini yang paling penting karena menyangkut gagal dan suksesnya file kamu bisa dibuka di percetakan atau tidak. Saat pekerjaan desain kmu sudah selesai dan tinggal dicetak (final file) maka jangan lupa untuk menurunkan tingkat kompabilitas files dengan menekan File > Save As...
save as di coreldraw
Image : Save As di Coreldraw
Kemudian pilih versi (Version) yang lebih rendah atau sesuaikan dengan versi Coreldraw dari percetakan tersebut. Misal percetakan di dekat rumah anda memakai coreldraw versi 13 atau X3 maka pilih versionnya ke Version 13.0 atau lebih rendah.
save as files coreldraw
Kenapa Harus? Apa Pengaruhnya?
Karena file corel terdapat kompabilitas. Penjelasannya begini : File yang dihasilkan oleh Corel versi terbaru tidak akan bisa dibuka di Corel versi yang lama sebelum diturunkan / disamakan tingkat Version-nya. Sedangkan File yang dihasilan Corel versi yang lama bisa dibuka di Corel yang lebih baru atau terbaru.
Misal : Di komputer kita terinstal Corel X6 (Versi 16) lalu kita ingin mencetaknya ke percetakan terdekat, sedangkan percetakan terdekat masih menggunakan Corel X3 (Versi 13) maka kita harus menyesuaikan dengan men-Save As ke Version 13.0 atau lebih rendah. Jika tidak maka file tersebut akan menjadi blank page (halaman kosong) ketika dibuka di Percetakan tersebut.

3. Perhatikan Pemberian Nama File

Gunakan nama file yang baik dan sesuai dengan desain yang anda buat, misal kita membuat brosur untuk toko bernama toko delima. Bisa kita namakan "Brosur Toko Delima", jangan sampai nama file tidak sesaui isinya, misal kartu nama pak fuad tapi isinya brosur toko delima. Jadi pusing sendiri nanti...


Terima kasih dan Semoga bermanfaat


Demikianlah Artikel Tips Menyimpan Final File di Coreldraw

Sekianlah artikel Tips Menyimpan Final File di Coreldraw kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Menyimpan Final File di Coreldraw dengan alamat link https://tutorialcuy.blogspot.com/2016/05/tips-menyimpan-final-file-di-coreldraw.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menyimpan Final File di Coreldraw"

Posting Komentar